Manfaat Luar Biasa Buah Kurma

0
11

Kurma merupakan salah satu buah yang menjadi favorit orang Indonesia bahkan di dunia. Apalagi pada bulan ramadhan, buah yang satu ini seperti wajib untuk di konsumsi pada waktu berbuka puasa ataupun pada waktu sahur.

Buah dengan nama ilmiah Phoenix dactylifera ini selain memiliki rasa yang manis, ternyata banyak manfaatnya bagi tubuh da kandungan nutrisi dalam kurma sangat bermanfaat bagi kesehatan.

1. Kandungan Nutrisi pada Kurma

Berikut merupakan kandungan nutrisi/ gizi rata – rata buah kurma setiap 100 gramnya :

JENIS NUTRISI

KANDUNGAN

Protein 1,85 g
Lemak 0,75 g
Karbohidrat
Fruktosa 25,2 g
Glukosa 29,5 g
Sukrosa 17,2 g
Serat
Mudah Larut 0,85 g
Sulit Larut 5,22 g
Fitokimia
Karotenoid 0,69 mg
Fenolik 332,5 mg
Antosianin 0,95 mg
Mineral
Magnesium 106 mg
Natrium 81 mg
Kalsium 105,5 mg
Fosforus 54,5 mg
Potassium 816 mg
Mangan 0,25 mg
Besi 0,8 mg
Seng 0,31 mg
Tembaga 0,41 mg
Selenium 0,32 mg
Vitamin
A (Retinol) 23,85 µg
B1 (Thiamin) 85 µg
B2 (Riboflavin) 110 µg
B3 (Niasin) 1442 µg
B6 (Pyridoxal) 207 µg
B9 (Folat) 52 µg
C (Asam askorbat) 8200 µg

 

2. Manfaat Buah Kurma

Banyaknya nutrisi yang baik bagi tubuh, membuat kurma memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita, berikut ini beberapa manfaat yang didapat apabila kita mengkonsumsi buah kurma.

  1. Menghilangkan Sembelit

Serat yang terkandung dalam buah kurma ternyata dapat meningkatkan kesehatan usus besar dan memperlancar buang air besar. Bagi para kaum hawa, ini bisa jadi salah satu alternative untuk menjadi langsing.

  1. Memulihkan Energi

Kandungan glukosa dalam kurma dapat membantu memulihkan energy, apalagi setelah berpuasa. Energy yang tekuras dapat dipulihkan kembali dengan mengkonsumsi buah kurma. Tidak heran, buah ini selalu menjadi pilihan utama dalam menu buka puasa.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dengan mengkonsumsi buah kurma secara teratur, dapat meningkatkan kesehatan jantung dan dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

  1. Mengurangi Tekanan Darah

Bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi, jangan takut untuk mengkonsumsi buah kurma. Karena buah kurma juga dapat membantu mengurai tekanan darah. Magnesium yang terkandung di dalam buah kurma dapat membantu menurunkan tekanan darah.

  1. Mengurangi Resiko Stroke

Menurut penelitian di American journal of clinical nutrition, resiko stroke berkurang 9 persen untuk setiap milligram magnesium yang dikonsumsi orang perhari.

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Kandungan B6 dalam buah kurma dapat meningkatkan kinerja otak.

  1. Mencegah Kanker

Buah kurma juga memiliki manfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Kurma juga memiliki zat anti kanker yang disebut D-glucan.

  1. Mengatasi Animea

Anda sering lemah, letih dan lesu karena animea, jangat khawatir, Asam folat dalam kurma dapat membantu pembentukan sel darah marah. Jadi dengan mengkonsumsi buah kurma dengan teratur dapat membantu mengatasi animea.

  1. Perawatan Kulit

Buah kurma yang kaya akan vitamin ternyata dapat membantu proses regenerasi kulit. Sehingga dapat membantu menghaluskan kulit dan mencegah dari penuaan dini.

Dengan nutrisi yang lengkap dan manfaatnya yang banyak, tidak salah kenapa buah ini menjadi buah favorite keluarga apalagi di bulan ramadhan. Meskipun dengan mengkonsumsi buah kurma dapat meningkatkan kesehatan, tapi jangan makan secara berlebihan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here