Maju Bersama Koperasi Paguyuban Sejahtera

0
58

Garut, SMI.-

Koperasi Paguyuban Sejahtera Kp. Sukarapih RT.02 RW.04, Desa Wanakerta Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) di SDN 2 Wanakerta Desa Wanakerta, Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut, Minggu (20/1/19).

Dalam RAT tersebut, Pembina Koperasi Paguyuban Sejahtera, H. A. Setiabudi menjelaskan perihal sejarah berdirinya koperasi yang didirikan sejak bulan oktober 2008 lalu. Pada awalnya hanya beranggotakan 7 orang, hingga tahun 2018 anggota Koperasi Paguyuban Sejahtera sudah mencapai 561 orang.

H. A. Setiabudi juga mengajak masyarakat Kecamatan Cibatu, khususnya anggota Koperasi Paguyuban Sejahtera agar tidak hanya meminjam saja, melainkan juga menyimpan uang di koperasi.

“Agar badan usaha yang dikelola terus berkembang, kami harapkan tidak hanya meminjam uang, akan tetapi menyimpan uang juga,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Perwakilan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Garut,  Hj. Imas Nurjamilah berharap, selain memanfaatkan jasa simpan pinjam, koperasi paguyuban sejahtera dapat meningkatkan sektoril, karena memiliki keunggulan ciri khas daerah produk unggulan kabupaten Garut.

“Koperasi paguyuban sejahtera berkembang sangat signifikan. Dapat mengembangkan keanggotaan, Omzet, serta Aset yang dapat sepantasnya mendapatkan prestasi yang baik untuk koperasi paguyuban ini” katanya.

Imas juga menambahkan, Koperasi Paguyuban Sejahtera dibawah  badan hukum serta bekerja sama  perbankan diantaranya Bank Mandiri, Bank BJB dan Bank Syariah Mandiri, serta Dibawah naungan UKM serta Dekopinda Kabupaten Garut. Program unggulan koperasi paguyuban sejahtera diantaranya; Simpan pinjam,Tabungan Anak-anak, Tabungan Mapan (Masa Depan), Paket Lebaran, Penjualan Pulsa Telepon/ Token listrik, Penjualan Gas LPG dan penjualan Sembako/ Retail.

Sementara itu, Ketua Koperasi Paguyuban Sejahtera, Herlina  melaporkan pertanggungjawaban tahun sebelumnya dan rencana untuk tahun 2019. “Tahun ini sisa hasil usaha meningkat dibandingkan tahun lalu, menjadi Rp. 37.496.000 sedangkan tahun lalu Rp. 35.200.000” kata dia.

“Koperasi Paguyuban Sejahtera yang kita akan hadapi pada tahun 2019 ini, semoga target kerja dan perjalanan operasional dengan harapan yang dicita-citakan. Tentunya semua itu menuntut keseriusan dalam pelaksanaannya, terutama jalinan kerjasama dan koordinasi yang baik yang dapat menjembatani antara aspirasi dengan Realisasi yang realistis, obyektif dan penuh tanggung jawab” ungkapnya. **Ayi Ahmad

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here