Mahasiswa KKN STEMBI Bandung Business School Ajak Warga Desa Sukasari Kelola Sampah Rumah Tangga

0
14

Soreang, SMI.- Mahasiswa STIE STEMBI  Bandung Business School yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Sukasari Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung mengadakan penyuluhan untuk menigkatkan kesadaran masyarakat tentang fungsi dari bank sampah dan memberikan pengetahuan kepada Ibu PKK dalam mengelola sampah rumah tangga, Selasa (19/11).

Menurut Mahasiswa STEMBI Bandung, Ika Frigina kegiatan ini merupakan program pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, yang berfokus ibu PKK. Dalam kegiatan ini tentang pengolahan  sampah dan memberikan ketrampilan kepada PKK Desa Sukasari bagaimana cara  memanfaatkan barang-barang Bekas (sampah) yang bernilai ekonomi  dan bisa dijual kembali.

Ika juga menjelaskan, tujuan akhir KKN STEMBI ini agar masyarakat mengetahui bagaimana cara mengolah sampah rumah tangga sebelum dibuang, sampah dapat diseleksi atau dipilah-pilah dari sampah organik dan anorganik.

“Sampah organik dijadikan kompos, dan dapat mengurangi sampah yang akan di buang ke tempat pembuangan. Sedangkan sampah seperti botol plastik, botol kaleng minuman dan banyak lagi yang merupakan sampah dapat di buat ketrampilan atau hiasan rumah dan yang bernilai ekonomi” ucapnya.

Ketua pengerak PKK Desa Sukasari, Iis Hidayaningsih mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan para Mahasiswa STEMBI Bandung ini sangat baik, untuk memberikan suatu inovasi mengenai pengolahan sampah untuk ibu – ibu PKK, supaya tidak membuang sampah sembarangan dan sampah tersebut bisa dibuat ketrampilan, seperti hiasan-hiasan atau jenis ketrampilan yang lain menjadi nilai ekonomi bagi masyarakat.

“Kami mengucapkan Terimakasih mahasiswa STEMBI Bandung yang telah memberikan ilmunya yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Sukasari kecamatan Pameungpeuk” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Danramil Pameungpeuk Kapten Inf Siswanto mengapresiasi kegiatan yang dilakukan mahasiswa STEMBI Bandung. “Kegiatan KKN mahasiswa STEMBI Bandung di Desa sukasari kec Pameungpeuk sangat tepat. PKK Desa sukasari sangat aktif dan sebagian warga masyarakat Desa sukasari ada yang bertempat tinggal dekat sungai. Dengan adanya penyuluhan meningkatkan kesadaran masyarakat serta pengolahan mengenai sampah, diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah ke sungai”ucapnya.

Pewarta : Agus Rahmat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here