Linggajaya Berpotensi Kembangkan Usaha Perahu Kayu

0
4

Sumedang, SMInews.com Desa Linggajaya Kecamatan Cisitu yang ditetapkan sebagai Kampung Tohaga Lodaya memiliki banyak potensi untuk dikembangkan, salah satunya kerajinan perahu kayu yang digeluti seorang warga OTD Jatigede  bernama Joni.

Senin sore (29/06), dengan didampingi oleh Kades Linggajaya Agus Wawan Darmawan dan Camat Cisitu Ari Kusnadi, Joni tiba di Gedung Negara untuk menyerahkan  perahu yang dipesan sepuluh hari yang lalu oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir ketika berkunjung ke Desa Linggajaya.

Bupati mengapresiasi Joni selaku pengrajin perahu yang bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan pesanan. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada jajaran Pemerintah Desa Linggajaya dan Kecamatan Cisitu sekaligus yang mendukung warganya dalam rangka mengembangkan UMKM di Kabupaten Sumedang.

“Untuk memajukan kerajinan perahu ini saya harap adanya pelatihan khusus dari Disnakertrans sehingga  Pak Joni dan warga OTD lainnya mampu mengembangkan usaha sehingga menciptakan lapangan pekerjaan dan tenaga kerja yang handal. Pada akhirnya mampu meningkatkan ekonomi  dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sumedang,” tutur Bupati.

Pemerintah Daerah Kabupateb Sumedang bertekad untuk memajukan para pelaku ekonomi mikro, kecil dan menengah termasuk para pengrajin perahu yang saat ini sangat mendukung dalam pengembangan sektor wisata air dimana Sumedang telah menobakan diri sebagai Kabupaten Pariwisata.

“Tentunya ini menjadi kesempatan bagi kita untuk lebih mengembangkan potensi yang ada. Saya berharap pengrajin perahu bisa terus dibimbing dalam meningkatkan kualitas produknya sehingga bisa memenuhi standar kualitas nasional,” ujarnya.

Bupati juga berharap agar Perahu Naga yang didesain oleh Gubernur Jawa Barat bisa juga diproduksi oleh Joni dan kawan-kawan  sehingga brandnya bisa dikenal tidak hanya di Sumedang tetapi juga kota/kabupaten lain.

“Bisa dibantu dalam segi pemasaran, hasil produknya juga diberi branding agar dapat dikenal dan diberi akses modal sehingga ke depan bisa semakin berkembang,” tuturnya.

Camat Cisitu Ari Kusnadi mengatakan, kemampuan Pak Joni merupakan potensi  besar yang perlu dilestarikan dan dikembangkan.

“Kepercayaan Bupati kepada warga kami merupakan sebuah kehormatanan. Saya harap ke depan Desa Linggajaya menjadi kampung perahu yang bisa menjadi destinasi wisata produksi perahu kayu,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Asep Sudrajat menyebukan pihaknya siap mendukung dan mengupayakan agar kualitas dari pengrajin perahu menjadi lebih baik karena merupakan potensi yang layak dikembangkan.

“Tentunya Pak Joni selaku pengrajin bisa mengajak warga OTD lainnya agar bisa kreatif mengembangkan usaha seperti dirinya sehingga membuka lapangan pekerjaan,” pungkasnya

Pewarta : Y Rusmana

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here