KWT Tunas Bahagia RW IX Tanjung Mas Semarang Gelar Kegiatan Jumat Bersih

0
2

Semarang,SMInews.com Kelompok Wanita Tani Tunas Bahagia RW IX menggelar kegiatan rutin dengan membersihkan, menata serta menanam berbagai jenis tanaman di taman serba guna  yang berada dilingkungan wilayah RT 03 RW IX Kelurahan Tanjung Mas, Kec. Semarang Utara Kota Semarang, Jum’at ( 24/7/2020).

Plt Lurah Tanjung Mas  Margono mengatakan bahwa kegiatan bersih – bersih yang dilakukan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Tunas Bahagia, di taman serba guna milik warga RW IX dilakukan secara rutin setiap hari Jum’at.

“Taman ini di buat dan diberdayakan pada awal Januari 2019 memanfaatkan lahan kosong. dimana tanah tersebut tadinya keras campur batu kerikil, namun oleh warga setempat diolah dengan diberi media tanam supaya dapat ditanami aneka tanaman oleh warga yang dibantu penanamannya dengan memberdayakan ibu ibu yang tergabung dalam kelompok wanita tani tunas bahagia,” tutur Margono.

“Aneka tanaman yang ada berisi campur tanaman baik tanaman toga maupun tanaman aneka sayuran yang mana saat panen dapat dimanfaatkan sementara oleh anggota untuk kebutuhan tambahan sebagai lauk tetapi dengan cara anggota membeli dengan harga yang lebih murah dan uangnya hasil penjualan tadi untuk kas serta perawatan taman” Tambahnya.

Lanjut Margono, dalam menanam berbagai jenis tanaman, pihaknya juga mendapat bantuan dari Dinas Pertanian Kota Semarang berupa bibit tananaman seperti  kopra, pisang, lombok, terong  serta bibit tanaman toga.

Pada kesempatan yang sama, Basuki selaku Ketua RW IX Tanjung Mas mengungkapkan “Setiap hari Jum’at kita adakan kegiatan yang dilakukan oleh ibu – ibu Kelompok Wanita Tani Tunas Harapan berupa perawatan terhadap taman yang berisi aneka tanaman dimana tanaman tersebut dipanen beberapa minggu dan hasilnya sementara dapat dibeli oleh anggota sendiri dan uangnya untuk perawatan dan juga dibelikan lagi sarana untuk penambahan jenis tanaman untuk dibudidayakan lagi yang mana nantinya kalau udah panen lagi dalam jumlah yang lebih banyak bisa untuk memenuhi kebutuhan  warga,” ujarnya.

Menurutnya tanaman yang disamping posko RW IX tidak dapat berkembang dikarenakan lokasinya tertutup, dan rencananya lokasi tersebut akan dibuka supaya dapat sinar matahari dan dapat kembali ditanami dengan aneka tanaman, sehingga biar lebih banyak bibit yang ditanam dan lebih berkembang sehingga nantinya dalam panen dapat menghasilkan yang lebih banyak lagi.

Pewarta : M.Taufik

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here