Kunci Sukses Pembangunan Desa Cieunteung

0
27

Sumedang, SMI.-

Untuk meningkatkan Etos kerja dalam pelayanan kepada masyarakat, Kepala Desa Cieunteung Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang, Agus Suganda selalu melakukan briefing sebelum melakukan kegiatan bersama seluruh aparat desanya.

Selain mengutamakan pelayanan kepada masyarakat, Agus Suganda selalu transparan dalam setiap anggaran yang diterima dan digunakan pemerintah Desa Cieunteung. Pembangunan yang dilakukan pemerintah desa juga selalu melibatkan masyarakat.

Pembangunan Desa Cieunteung dinilai berhasil, karena dana yang dikucurkan pemerintah sudah diterapkan di masyarakat dan tidak ada permasalahan yang signifikan. Masyarakat juga merasakan dan menikmati hasil pembangunan yang sudah dilakukan. Setiap pembangunan juga, selalu dikerjakan oleh masyarakat Desa Cieunteung tidak memakai pekerja dari luar desa.

“Yang mengerjakan dan mengelola pembangunan adalah murni masyarakat Desa Cieunteung, tidak ada pekerja yang berasal dari luar. Jadi semua pengarapan pembangunan fisik, dikelola oleh masyarakatnya sendiri. Makanya pembangunan Cieunteung dapat dikatan berhasil, karena yang mengelola dan mengerjakan adalah masyarakat Cieunteung” Papar Agus.

Dengan melibatkan masyarakat dalam setiap pembangunan, akan menumbuhkan rasa memiliki dan tanggung jawab untuk menjaga dan merawat pembangunan yang sudah dikerjakan.

“Baik dan jeleknya pembangunan, masyarakatlah yang akan bertanggung jawab karena masyarakat yang mengerjakan” Pungkasnya. **Y Rusmana

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here