Koperasi Paguyuban Sejahtera Tunjuk Pengembangan Dan Pengelolaan Kampung Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Pemberdayaan Kabupaten Garut

0
45

Garut, SMInews.com Pemberdayaan Koperasi dan UKM Dinas Koperasi Garut mewujudkan ” Kampung Koperasi” tidak lepas dari sifat Unggul Koperasi itu. Dimana Koperasi paguyuban sejahtera berjalan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya dalam mengedepankan Demokrasi Ekonomi.masih banyak masyarakat kita yang tergantung pada pergerakan daya tawar yang baik.koperasi memiliki rasa kondisi sosial masyarakat kita dalam memerangi Covid -19.

Dengan Koperasi paguyuban sejahtera sangatlah erat rasa persaudaraan serta sikap ramah yang selalu tercermin antar individu. Sukarela dan terbuka bagi setiap warga negara Republik indonesia serta rapat anggota adalah kontribusi pada perekonomian masyarakatnya. Dimana menurut UU No.25 tahun 1992. Fungsi dan peran Koperasi antara lain; Membangun dan mengembangkan  potensi dan kemampuan ekonomi anggota untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi sosial, Berperan serta Aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan masyarakatnya ,serta memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai soko gurunya.

Dinas koperasi dan UKM berharap pengembangan Kampung Koperasi kedepan sehingga dapat memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat tandas Asep dedi Kabid pemberdayaan UKM dikop Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Pemberdayaan Koperasi dan UKM, Asep Dedi terus mendukung upaya pemberdayaan kampung koperasi melalui gerakan pengembangan kewirausahaan sosial. Menurutnya upaya ini akan menjadi basis keadilan ekonomi, terutama pada saat masyarakat tengah melakukan pemulihan ekonomi di era pandemi Covid 19.


“Dinas Koperasi Kabupaten Garut, melalui  pemberdayaan dan UKM sedang mempersiapkan sebuah kebijakan (affirmative action policy) untuk kelompok koperasi paguyuban sejahtera, agar mereka dapat berpartisipasi dan terbangun sistem ekonomi inklusif sebagaimana telah diperkenalkan oleh Konsultan  UNIGA.  DR. Ir. H. Tendy Kusmayadi, MP” ungkap Asep pada Acara pemberdayaan dan pengembangan UKM Dinas Koperasi yang ditunjuk kampung Koperasi adalah koperasi paguyuban sejahtera, Kamis (19/11/2020).

Asep dedi menuturkan bahwa upaya mencapai pengembangan kampung koperasi memang harus berbasis pada gerakan produk unggulan yang bertransformasi menjadi pengembangan usaha Mengingat, gerakan kampung koperasi ini lahir dari kekuatan ekonomi yang pada akhirnya akan membuat perubahan ekonomi berkelanjutan dan berdampak pada kemajuan masyarakat.

“Salah satu yang harus juga diperhatikan, gerakan ini harus mampu memutus rantai kemiskinan pada kelompok masyarakat rentan, dengan upaya serius untuk mencegah terputusnya pendidikan untuk anak-anak dan remaja. Karena hanya dengan pendidikanlah maka rantai kemiskinan akan terputus dan generasi masyarakat selanjutnya akan lebih sejahtera dan mandiri,” terangnya.

Dirinya pun menyambut baik upaya Koperasi paguyuban sejahtera desa wanakerta wilayah garut utara untuk menyelenggarakan pengarahan dengan Kampung Koperasi, karena dukungan berbagai pihak, mereka tidak akan dapat bertahan dari berbagai kompetisi yang ada dalam masyarakat.



Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini, mengembangkan kewirausahaan sosial bukanlah hal yang sulit, karena sumber daya dukungan keanggotaannya.
 Pengembangan kampung koperasi DR. Ir. H. Tendy Kusmayadi.MP, menjelaskan bahwa penyuluhan yang  diselenggarakan Diruang Aula Rapat desa Wanakerta Hari Kamis,19 November  2020. terdiri dari serangkaian kegiatan latih dari mulai pertemuan tatap muka, penumbuhan motivasi, dan dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi produk, arahan unggulan  bersama kelompok paguyuban koperasi sejahtera, para kader,karang taruna desa wanakerta serta perwakilan dinas pertanian dan UPT pendidikan kec Cibatu,Garut.

“Tujuan dan langkah pemasaran dari produk unggulan kampung koperasi . Respon masyarakat untuk membeli produk mereka sangat membanggakan, terutama upaya dari ke anggotaan yang tergabung dalam paguyuban sejahtera untuk ikut mempromosikan produk unggulan nantinya,” tuturnya.

Ketua Umum Koperasi paguyuban sejahtera Hj. Herlina, menyampaikan bahwa Pengenalan serta sosialisasi Wirausaha Berbasis Kampung koperasi. Bersama koperasi paguyuban sejahtera  yang didukung oleh Kabid pemberdayaan dan UKM dinas kabupaten Garut menjadi bukti bahwa koperasi telah mengusung program yang tepat untuk terus memberdayakan anggotanya dan karang taruna paguyuban  Sejahtera dengan harapan mereka mampu menjadi SDM yang kaya akan keterampilan di bidang kuliner, mampu bersaing dan mandiri secara finansial.
Hj Herlina menambahkan, ini akan menjadi model utama gerakan pengembangan dan pemberdayaan kampung koperasi  Tangguh di desa Wanakerta,kecamatan Cibatu kabupaten Garut, Jawa barat.

“Gerakan kampung koperasi yang bertransformasi menjadi berbagai kewirausahaan sosial, yang berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Desa Wanakerta,Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut” pungkasnya.

Pewarta : Ayi Ahmad

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here