Komunikasi & Publikasi Aplikasi Sakti

0
14

Sumedang, SMI.-

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPNSumedang menggelar acara Komunikasi & Publikasi Aplikasi Sakti tahun 2019 kepada mitra kerja KPPN Sumedang, Jum’at (28/6/2019).

Aplikasi sakti sendiri merupakan aplikasi keuangan tingkat instansi (Sakti)  yang digunakan sebagai sarana bagi satker dalam mendukung implementasi SPAN untuk melakukan pengelolaan keuangan yang meliputi tahapan perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran.

Sakti mengintegrasikan seluruh aplikasi satker yang ada. Mempunyai fungsi utama dari mulai perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawaban anggaran. Selain itu, sakti menerapkan konsep single database. Aplikasi sakti digunakan oleh entitas akuntansi dan entitas pelaporan kementerian negara/lembaga. Seluruh transaksi entitas akuntansi dan entitas pelaporan dilakukan secara sistem elektronik.

Sakti terdiri atas sakti online dan sakti offline, yang menggunakan sistem single entry point, single database, dan akuntansi berbasis akrual. Adapun periodisasi transaksi dalam sakti meliputi januari sampai dengan desember, unaudited, dan audit

Dalam acara ini Kepala KPPN Sumedang Lili Khamiliyah, S.E., M.S.i. menjadi narasumber bersama dengan bagian Internal KPPN, Kasi Veraki Sakirman, S.H., Basyar Ilyas (PNPB) dan Cucu Maemunah (Aplikasi Sakti).

Kepala KPPN Sumedang Lili Khamiliyah, S.E., M.S.i. menjelaskan aplikasi Sakti adalah sistem aplikasi keuangan tingkat instansi. Aplikasi sakti ini nantinya secara bertahap akan menggantikan aplikasi SAS, untuk KPPN Sumedang sendiri sudah menggunakan aplikasi sakti sejak tahun 2017.

“Nanti Sakti akan terintegrasi SPAN, jadi nanti secara otomatis data yang bapak ibu proses di sakti, nanti di SPAN akan melihat pengiriman SPM nya dan juga ruang kerjanya untuk memproses data – data yang berkaitan dengan pemrosesan selanjutnya” Ungkapnya.

“Karena perubahan ke era digital menuju kepada yang lebih baik, artinya kita harus memiliki semangat untuk terus memperbaiki diri. Bahkan didalam reformasi budget dan keuangan, kita selalu menggelorakan untuk terus menurus mewujudkan bahwa kita mempunyai transparansi kita punya suatu hal hal yang memang bisa dikomunikasikan dengan cepat, tepat dan akurat” Pungkasnya.

Pewarta : Y Rusmana

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here