Komeng dan Narji Ikuti Pembukaan Jumbara

0
9

Sumedang, SMI.- Dua komedian nasional, Komeng dan Narji, turut menghadiri pembukaan Jumbara  (Jumpa Bakti dan Gembira) Palang Merah Remaja (PMR) PMI IX Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 di Bumi Perkemahan Gajahdepa Desa Galudra Cimalaka Sumedang, Selasa (29/10).

Kehadiran keduanya tentu menarik perhatian para peserta dan tamu undangan yang hadir, termasuk Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir selaku tuan rumah dari kegiatan tersebut. Tidak sedikit para peserta meminta berswafoto (selfie) dengan kedua komedian tersebut, terutama anak-anak sekolah yang menjadi peserta Jumbara.

Bahkan Wakil Gubernur Jawa Barat H. Uu Ruzhanul Ulum yang bertindak selaku pembina upacara dalam amanatnya mengapreasi kehadiran dua artis.

“Beliau-beliau hadir sebagai relawan. Mereka hadir sebagai manusia yang ingin membantu manusia yang lainnya bersama-sama dengan kita. Masuk menjadi relawan bencana,” ujarnya yang langsung mendapat aplaus dari hadirin.

Menurutnya, menghibur orang adalah pekerjaan yang mulia karena telah membuat orang bergembira.

“Ini artis-artis yang suka menghibur kita di saat lelah. Kehadirannya membuat kita tertawa. Kami yakin mereka dapat pahala yang banyak karena sesuai keterangan: Membahagiakan orang adalah ibadah,” tuturnya.

H. Uu juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada jajaran panitia khususnya PMI Jawa Barat yang telah mempersiapkan kegiatan tersebut.

“Terima kasih atas kerja kerasnya. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan kelancaran dalam pelaksanaan kegiatan ini,” ujarnya

Dikatakan UU, manusia pada hakikatnya mahluk sosial yang mebutuhkan orang lain untuk hidupnya. Oleh karena itu,  selalu membutuhkan wadah untuk berkumpul.

“Manusia tidak bisa hidup sendiri, termasuk butuh membentuk perkumpulan yang di dalamnya ada orang-orang yang memperhatikan lingkungan dan masyarakat luas,” katanya.

Ia menambahkan, PMR sebagai wadah generasi muda yang nantinya dipersiapkan menjadi kader-kader atau tenaga sukarela yang memiliki keterampilan di bidang kepalangmerahan.

“Keterampilan yang harus dimiliki anggota PMR meliputi P3K, membuat tandu darurat, perawatan keluarga, keterampilan dapur umum, dan keterampilan menghadapi bencana,” tuturnya.

Dalam laporan Ketua Panitia Jumbara H. Dani Ramdan disebutkan, Jumbara  dilaksanakan dalam rangka peringatan HUT PMI ke-74 dan dalam rangka pembinaan anggota PMR.

“Jumbara adalah salah satu langkah dalam pembinaan PMR yang sekarang merupakan even ke-9 setiap 4 tahun sekali,” ungkapnya.

Dikatakan Dani lebih lanjut, kegiatan Jumbara ini dikemas dengan berbagai kegiatan metode, baik di dalam maupun luar ruangan. Juga melibatkan peran serta aktif para pelatih PMI, pengurus PMI, fasilitator PMR, pembina PMR dan lainnya.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengevaluasi implementasi manajemen pembinaan, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sikap anggota PMR, menumbuhkan dan meningkatkan pengabdian, menjalin persahabatan antar PMR, dan membangun jejaring antar anggota PMR,” ujarnya.

Dani menambahkan, tema kegiatan Jumbara tahun “PMR PMI Jabar, Relawan Remaja Juara” dan berlangsung pada tanggal 29 Oktober sampai 2 November 2019 dengan peserta sebanyak 890 orang dari seluruh Jawa Barat.

“Diharapkan kegiatan ini menghasilkan adanya deklarasi dan rekomendasi terkait pembinaan pengembangan PMR, adanya jejaring pengurus dan adanya pemahaman para peserta terkait manajemen pembinaan dan pengembangan palang merah remaja dan manajemen PMR,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Sumedang  H. Dony Ahmad Munir mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Wakil Gubernur Jawa Barat beserta segenap rombongan yang telah hadir pada acara Jumbara ini.

“Mudah-mudahan kehadiran Bapak Wakil Gubernur selain membuka langsung kegiatan ini namun juga dapat memberikan motivasi khususnya bagi para peserta Jumbara PMR dari seluruh Kabupaten Kota se-Jawa Barat,” tuturnya.

Bupati juga menyebutkan Kabupaten Sumedang selaku tuan ruamah masih memiliki berbagai kendala dan kekurangan.

” Untuk itu, mohon saran dan masukan sehingga Sumedang sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan kegiatan yang sama, kami dapat meningkatakan kualitas penyelengaraan yang jauh lebih baik,” katanya.

Kepada para peserta Bupati mengucapkan selamat berlomba serta agar terus meningkatkan prestasi dengan berlatih dan berdoa.

” Tidak lupa saya juga berpesan kepada para pelatih, guru dan para orang tua agar meneruskan pembinaan ini guna mencetak generasi muda yang cerdas, berkualitas, unggul dan berprestasi,” pungkasnya.

 

Pewarta : Y. Rusmana

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here