Kodam IV/Diponegoro dan Polda Jateng Bersinergi Jalin Kerjasama

0
9
Menunjukkan Kesolidannya antara TNI dan Polri saat apel bareng di halaman Makodam IV/ Diponegoro,jalan Perintis Kemerdekaan Watugong Semarang, Rabu,20/2/2019. Foto: Taufik

Semarang, SMI.-

Peran Polri dalam masyarakat mempunyai nilai yang positif, karena tugas polri diantaranya memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Disamping Polri, TNI juga mempunyai tugas serta perannya sebagai alat Negara di bidang pertahanan Negara yang dalam menjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik Negara, fungsi TNI sebagai pemulihan terhadap konsisi keamanan Negara yang terganggu akibat kekacauan keamanan.

Tetapi sekarang ini kedua Institusi yang berbeda, mempunyai tugas dan peran serta fungsinya terhadap masyarakat, bangsa dan Negara, keduanya semakin solid dan kuat saling bersinergi dalam mengantisipasi semua bentuk gangguan yang terjadi di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

TNI, melalui Kodam IV/ Diponegoro menggandeng Polda Jateng menggelar Rakor (Rapat Koordinasi ) TNI – Polri wilayah Jawa Tengah di Aula Makodam IV/ Diponegoro Jalan Perintis Kemerdekaan Watugong ,Banyumanik Semarang, Rabu, (20/2/2019).

Mayjen TNI. Muchammad Effendi,S.E.,M.M, selaku Pangdam IV/Diponegoro dalam sambutannya mengatakan, Secara umum situasi keamanan diwilayah Jateng sangat kondusif. Namun, jangan terlalu overconfidence, tidak boleh lengah sekecil apapun. Sebagai contoh terjadinya peristiwa pembakaran mobil dan sepeda motor yang akhir-akhir ini sangat meresahkan warga. Hal ini menjadi salah satu indikator bahwa masih ada kelompok tertentu yang ingin mengganggu ketenangan masyarakat.

“Hal tersebut harus menjadi perhatian kita bersama, agar kita meningkatkan kewaspadaan dengan memberdayakan segala kemampuan yang dimiliki untuk menangkal sedini mungkin gangguan keamanan tersebut,’ ucapnya.

Senada dengan arahan Pangdam IV/Diponegoro, Kapolda Jateng ,Irjen. Pol. Condro Kirono,SH. M.Hum mengingatkan jajaran TNI- Polri perlu meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan secara ekstra terlebih menghadapi Pilpres dan Pileg 2019.

Condro Kirono berharap sinergisitas dan kekompakan TNI- Polri terjalin dengan baik dalam menjaga keamanan dan ketertiban agar masyarakat merasa aman, nyaman, tentram dan damai.

Rakor yang dipimpin Pangdam IV/ Diponegoro. Mayjen TNI Muchammad Effendi,SE.MM  dan Kapolda Jateng, Irjen.Pol. Drs. Condro Kirono, SH. M.Hum, merupakan tindak lanjut dari Rapim (Rapat Pimpinan)  TNI Polri  yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, agar terwujud kesamaan pola pikir, pola sikap dan pola tindakan dalam megantisipasi perkembangan situasi serta mewujudkan komitmen unsur pimpinan tingkat Kodam dan Polda untuk mencapai kinerja yang optimal di tahun 2019.

Hadir dalam kegiatan rakor TNI – Polda diantaranya Kasdam IV/ Diponegoro Brigjen. TNI Teguh Muji angkasa, Waka Polda Jateng Brigjen. Pol. Ahmad Lutfi, Irdam IV/ Diponegoro, Irwasda Polda Jateng, para Danrem, para Pejabat Utama Koam IV/ Diponegoro dan Polda Jateng, Danlanal Semarang, Danlanal Tegal, Danlanumad Ahmad Yani, Danlanud Adi Sumarmo serta para Dandim dan Kapolres.  ** M. Taufik

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here