KKN Mahasiswa IAILM di Kec. Jamanis, Ikut Sosialisasikan ODF

0
36

TASIKMALAYA, (SMI).-

Rabu (21/2/2018), Camat Jamanis Drs. Uwem Sulaeman menerima kedatangan Mahasiswa KKN   Institut Agama Islam Lathifah Mubarokiyah (IAILM) Suryalaya Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat di Aula Kecamatan, yang dihadiri Dosen Pembimbing,  utusan IAILM dan Kepala Desa.

Dalam menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa disarankan untuk mensosialisasikan Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan. Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat, sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan. Untuk memutuskan rantai penularan ini, harus dilakukan rekayasa pada akses ini. Agar usaha tersebut berhasil, akses masyarakat pada jamban (sehat) harus mencapai 100% pada seluruh komunitas.

Menurut Uwem, hampir 80% masyarakat di Kecamatan Jamanis masih belum memiliki jamban. Baru beberapa Desa yang bebas ODF. Untuk itu, mahasiswa bisa membantu salah satu Program Pemerintah untuk mensossialosasikan Stop BAB Sembarangan dan mahasiswa harus terjun keliling kampung, sehingga tahu daerah mana saja yang belum terbebas ODF. Kalau berhasil sampai 5% akan ada Deklarasi ODF dibulan Maret mendatang, saat ini baru ada 16 Desa se-Kabupaten.

“Jika ada masyarakat yang menuntut tidak punya anggaran untuk membuat jamban, kami berikan solusi dengan memasukan anggaran ke ADD. Mungkin untuk tahap awal satu jamban bisa dipakai untuk lima keluarga” ungkap Uwem.

“Masyarakat juga dihimbau waspada, karena di musim hujan ini Kecamatan Jamanis Darurat angin puting beliung. Harapan kepada Mahasiswa yang KKN dapat menimba ilmu dilapangan karena masyarakat sebagai Laboratorium ilmu dan Mahasiswa bisa menjaga etika dan norma- norma agama karena Kecamatan Jamanis ini daerah Religius” pungkasnya.  (Anton)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here