Kisruh PTSL Desa Cibiuk Kidul

0
23

Garut, SMI.-

Kepala Desa Cibiuk Kidul, Usep Akhirnya Mengakui adanya kekisruhan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desanya. Adanya kisruh tersebut, membuat Ketua Advokasi Garda Bangsa Reformasi (GBR) Moch. Hoerul Gunawan, S.H melayangkan permohonan audiesnsi.

Kepala Desa Cibiuk Kidul, Usep

Dalam Audiensi yang digelar, Selasa (22/1/19), Moch. Hoerul Gunawan, S.H. Menanyakan Dasar Hukum Pengangkatan Ketua Diluar Perangkat Desa dan Dasar Hukum Pemungutan sejumlah uang diluar SKB tiga Menteri  yang Rp.150.000. Karena Berdasarkan Laporan dan temuan LSM GBR, Ada Pungutan tambahan diluar SKB tiga Menteri berupa  Materai 5 buah dan Uang sejumlah Rp.100.000.

Ketua PTSL Desa Cibiuk, Cecep Saepul Anwar yang tidak lain adalah adik dari Kepala Desa mengatakan bahwa uang yang di pungut sebesar seratus riibu itu digunakan untuk pembuatan AJB yang ditangani langsung oleh pihak Kecamatan dan BPN.

Sedangkan, Kepala Desa Cibiuk Kidul Usep berdalih bahwa hal itu sudah sesuai dengan tahapan, dan melontarkan kalimat  semua yang masuk didalam surat keputusan Kepala Desa jangan Pura – Pura tidak tahu, dan Semua Harus Bertanggung jawab.

Pernyataan Usep sangat disayangkan Sekretaris Desa (Sekdes) Cibiuk Kidul Cepi “Saya Enggak Menyangka kalau atasan saya tidak punya rasa rumasa, semua harus bertanggung jawab, semua harus terlibat di dalam permasalahan ini. Padahal selama ini proses pengajuan sertipikatnya saja tidak dilibatkan, apalagi soal keuangannya”.

Ketua Advokasi GBR Moch. Hoerul Gunawan mengatakan, pihaknya akan mengusut tuntas dugaan tindak pidana pungli ini sampai ke akar – akarnya. Dia juga menyayangkan program unggulan presiden dimanfaatkan oleh oknum – oknum kampungan.

**Ayi Ahmad

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here