Kiat Sukses Extrakurikuler di SMK Ma’arif 2 Sumedang

0
32

Sumedang, SMI.- Selain kegiatan belajar mengajar di kelas, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ma’arif 2  jalan Angkrek Nomor 9 Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten  Sumedang menanamkan pembinaan karakter dan minat dalam kegiatan extrakurikuler.

Kegiatan extrakurikuler di SMK Ma’arif 2 mendapatkan dukungan penuh dari kepala sekolah dan orang tua peserta didik. Dengan dukungan tersebut, kegiatan extrakurikuler ini berhasil mendapatkan beberapa prestasi bergengsi.

Beberapa extrakurikuler yang menjadi andalan SMK Ma’arif 2 diantaranya Drum Band dan Pencak Silat dengan Pembina Agus Priatna, S.Sy, Pramuka dengan Pembina Drs. Dedi M Ishak, Paskibra dengan Pembina Sunarti, S.Pd, Olah Vocal dan Gedung/ Angklung dengan Pembina Hamdani Saputra, S.Pd.

Di tahun 2018 dan 2019 tim Pencak Silat SMK Ma’arif 2 berhasil menyabet juara 1 dalam ajang Pencak Silat Pakubumi Open tingkat Nasional, Asia dan Eropa.

Menurut Wakasek Hubungan Dunia Industri dan Dunia Usaha SMK Ma’arif 2 Drs. Dedi M Ishak mewakili Kepala SMK Ma’arif 2 Dra. Hj. Epon Suharyati, kegiatan extrakurikuler ini dilaksanakan seminggu sekali setelah pulang sekolah, khusus untuk pramuka setiap hari jum’at.

“Semua siswa diwajibkan dari kelas X sampai kelas XII” tegasnya.

Untuk mempertahankan prestasi extrakurikuler, Menurut Dedi pihak sekolah terus melakukan pembinaan dan terus melakukan regenerasi khususnya di kelas X, agar nantinya ketika kakak kelasnya sudah lulus, penerusnya sudah siap menggantikan.

Selain itu, untuk memotivasi peserta didik pihak sekolah memberikan uang pembinaan atau uang kadeudeuh kepada peserta didik yang berprestasi.

“Kedepanya kita prioritaskan yang pernah jadi juara, akan diberikan beasiswa selama 6 bulan, ini masih dalam wacana mungkin kedepanya akan kita bicarakan dengan kepala sekolah dan dewan guru, khususnya yang berprestasi di bidang apapun” pungkasnya.

 

Pewarta : Y. Rusmana

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here