Kesenian Tayub di Hari Jumat Legi Menjadi Tradisi Tahunan Bersih Desa Belotan

0
354

Magetan,SMINews.com Rangkaian acara bersih desa di Dukuh Jajar, Desa Belotan, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan, berlangsung dengan diadakanya pagelaran kesenian Tayub. Jum’at (28/08/2020).

Tayub, seperti yang sudah dikenal oleh masyarakat Jawa pada umumnya yaitu satu di antara kesenian tari yang identik dengan keberadaan penari wanita atau sinden dengan di iringi musik atau gamelan.

Tayub merupakan tari pergaulan yang disajikan untuk menjalin hubungan sosial masyarakat. Sebab, pagelaran seni ini biasanya digelar pada saat acara seperti sedekah bumi, bersih desa dan hajatan.

Seperti hal nya di Dukuh Jajar, Desa Belotan ini, Setiap Tahun nya Pemerintah Desa menggelar Tradisi Tayuban, hal ini di ambil di hari Jumat Legi, di bulan Muharam atau Suro setiap satu tahun sekali.


Seperti hal nya yang di utarakan Drs.Sukadi Kepala Desa Belotan bahwa Tayuban menjadi kegiatan Tahunan yang di laksanakan setiap hari Jum’at legi di Bulan Muharram atau Suro.

“Setiap Jumat Legi di bulan muharram atau suro, kami pemerintah Desa dan warga selalu menggelar acara kesenian tayuban,hal ini juga merupakan kegiatan bersih desa yang di laksanakan di dukuh jajar, Desa Belotan sini” jelasnya.

“Adanya pagelaran kesenuan tayub seperti ini sebagai wujud rasa syukur atas pemberian Tuhan agar kehidupan mereka selalu diberi kententraman, dan sebaliknya kami berharap dengan kegiatan bersih desa ini warga dan masyarakat selalu di beri kesehatan, kecukupan rejeki, serta ayem tentrem” tambah Kepala Desa.

Pewarta : Gun

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here