Kepala UPT PUPR Sukawening, Inovasi Alat Deteksi Titik Sumber Air Untuk Lahan Pertanian

0
23

Garut, SMInews.com, H. Edi Koesnadi PUPR UPT Sukawening menyusuri titik sumber air didalam tanah dengan menggunakan  alat deteksi sumber air dibawah tanah yang sangat simple. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air dilahan pertanian warga Desa Wanajaya, Kamis (10/09/2020).

Aktifitas tersebut dilakukan H. Koesnadi saat diundang untuk mendeteksi titik sumber air daerah Kampung Samangen Desa Wanajaya Kabupaten Garut. Pendeteksian tersebut didampingi Karang Taruna Desa Wanajaya Iif, Sekdes dan Kadus Teguh, kelompok tani Desa Wanajaya, serta awak media.

H. Edi dalam menentukan titik sumber air tidak mudah dengan mendeteksi dibeberapa tempat dengan gambaran denah pengeboran. Bila  sumber air sudah ditemukan dengan kapasitas debit air yang memadai untuk hektaran lahan pertanian.

“Kalau dilihat dari lahan pertanian yang ada  hanyalah petani gluduk, mudah- mudahan dengan menentukan titik sumber air yang di deteksi oleh H. Edi dari PUPR Sukawening. Dari kondisi memang debitnya memang tidak terlalu besar mudah-mudahan cukup buat kebutuhan air pertanian yang lahan pertaniannya cukup luas” ucap Teguh.

Sekdes Wanajaya juga menambahkan bahwa dilokasi tersebut memang lahan gluduk, Posisi sumber airnya dideteksi disaluran  perlintasan air hujan, “Sukur alhamdulillah ada  ditemukan di Dua titik keberadaan sumber air dari bawah tanah pertanian”.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Iif, mengungkapkan rasa terimakasihnya  kepada  kepala UPT PUPR Sukawening beserta rekanannya yang sudah memperhatikan desanya, terutama memecahkan masalah kesenjangan masayarakat dalam pencarian titik sumber air, kendati harus ditempuh dengan memindahkan alat Bor yang cukup mahal biaya pemindahannya ke lokasi titik untuk pengeboran.

“Semoga dengan hasil inovasi ciptakan alat deteksi,H.Edi Koesnadi, UPT PUPR Sukawening dapat berguna untuk menopang kebutuhan para petani di wilayah Kabupaten Garut” Ungkapnya

Pewarta : Ayi Ahmad

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here