Kepala KPPN Sumedang, Pecinta Batik dan Kearifan Lokal Sumedang

0
24

Sumedang, SMI.-

Lili Khamiliyah, S.E M.Si, Kepala KPPN Sumedang yang dikenal tegas dan menerapkan displipin dalam bekerja, ternyata sangat mencintai salah satu warisan budaya bangsa yang diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia yakni Batik.

Hampir disetiap tempat dia bertugas, Lili Khamiliyah selalu menanyakan kepada rekan – rekanya dan mencari batik untuk ia kenakan. Dia mengaku tidak tahu alasanya sampai menyukai batik, tapi tiap melihat batik, dia langsung jatuh cinta.

Ketika ditugaskan sebagai Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sumedang, wanita yang dikenal ramah ini tidak lupa untuk mencari Batik khas Sumedang.

“Saya itu memang pecinta batik, saya secara pribadi pecinta batik dan dimana khususnya saya ditempatkan. Saya pertama kali menanyakan ada gak batik produksi Sumedang, dan saya menemukan dan saya insya Alloh dan teman – teman disini semua sangat bangga dengan produksi daerah masing – masing” katanya.

Lili Khamiliyah memakai batik Sumedang bukan hanya karena dia suka dengan batik saja, tetapi dengan memakai batik produksi daerah, bisa memacu dan memberikan semangat untuk mencintai serta bisa meningkatkan pemberdayaan masyarakat untuk membuat batik khas Sumedang ini jadi nanti home industry.

Selain mencintai batik, Lili Khamiliyah juga menyukai kearifan local yang ada di Kabupaten Sumedang, Kuliner khas Sumedang menjadi salah satunya. Untuk meningkatkan pamor makanan – makan khas daerah, bahkan setiap tamu yang datang ke KPPN Sumedang disuguhkan Tahu dan Ubi cilembu yang menjadi makanan khas Sumedang.

Localism itu juga terus ditingkatkan, termasuk juga makanan makanan daerah. Setiap kali ada tamu disini saya suguhkan tahu dan ubi cilembu, karena itu menjadi localism kebanggakan wilayah kabupaten sumedang” Ungkap Lili.

Lili mengaku bangga dengan kearifan lokal yang begitu kental di Kabupaten Sumedang, bahkan dia ingin sekali naik kuda renggong  yang merupakan kesenian tradisional Sumedang.

“Kata Bapak Bupati, dia menjadi Bupati karena naik kuda renggong. Jadi saya juga mau naik kuda renggong juga untuk meraih kesuksesan. Tapi mudah – mudahan naik tidak naik itu kembali kepada semangat kita” Katanya sambil tersenyum.

Untuk kinerja, meskipun baru beberapa bulan menjadi Kepala KPPN Sumedang Lili Khamiliyah bisa dibilang memiliki prestasi gemilang. Prestasi yang diraih karena dia menganggap kerja itu sebagai ibadah.

“Semangat didalam bekerja sebagai ibadah, berikan kemudahan sebuah proses, Insya Alloh  apabila kita memberi kemudahan sesuai dengan amanah, Kita bisa mendapat kemudahan. Dengan semangat itu kita bisa mencapai prestasi yang gemilang” Pungkas Lili Khamiliyah usai acara penyerahan DIPA 2019 di Aula KPPN Sumedang, Jum’at (21/12/18). **Y Rusmana

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here