Kemensos Peduli Suku Terpencil PALI

0
14

PALI, (SMI).-

Pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) peduli Masyarakat Suku Terpencil di Kabupaten PALI Sumatera Selatan (Sumsel), melalui program Komunitas Adat Terpencil (KAT), masyrakat  suku tepencil di PALI mendapat perhatian khusus dimana nantinya akan diluncurkan oleh Kemensos RI bekerja sama dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten PALI.

Dalam sambutannya, direktur pemberdayaan masyarakat terpencil Kemensos RI Harahab Lumban Gaol mengatakan sebagai Tahap Awal dalam Program tersebut, pihak Kemensos RI bersama Dinsos PALI akan segera melakukan pendataan jumlah Masyarakat Terpencil dan Terisolasi untuk dimasukan dalam Daftar Penerima Progam KAT.

Pelaksanaan Program ini melibatkan Akademisi maupun pihak Universitas untuk menentukan Kriteria Masyarakat yang layak masuk dalam kategori Program KAT. Sehingga golongan Masyarakat Terpencil, Terisolasi atau Terasing dapat tersentuh Pembangunan. Hal ini dilakukan guna menghapus Kesenjangan Sosial yang selama ini dirasakan oleh sebahagian besar Rakyat PALI.

Sehingga, lanjutnya, perlu adanya Upaya Pemberdayaan secara Komprehensif, Holistik, Terintegral dan Melembaga atau berkesinambungan, baik oleh Pemerintah, Dunia Usaha serta Komponen Masyarakat Sipil.

“Saat ini, Laporan yang diterima dari Dinsos PALI telah dideteksi ada 30 Kepala Keluarga keberadaan masyarakat terpencil di Bumi Serepat Serasan, salah satunya di Talang Sibetung Kecamatan Penukal dan Suku Anak Dalam di Kawasan Semangus, semuanya akan diupayakan untuk di berdayakan agar dapat menikmati Pembangunan”, pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten PALI Irawan Sulaiman mengatakan usai acara tersebut, saat ini yang masih terdeteksi keberadaan masyarakat terpencil di Kabupaten PALI adalah di Talang Sibetung yang ada di Penukal, lebih kurang 30 Kepala Keluarga dan tidak tertutup kemungkinan jumlahnya akan bertambah. Seperti diketahui masih ada yang belum terdeteksi, misalnya terkait adanya laporan tentang keberadaan Suku Anak Dalam di Kawasan Semangus.

“Semuanya nanti akan kita upayakan untuk di berdayakan agar dapat menikmati Pembangunan yang digalakan oleh Pemerintah Kabupaten PALI sebagaimana arahan Bupati PALI Heri Amalindo, agar semua masyarakat PALI dapat menikmati pembangunan “, ucap Irawan.

Irawan Menambahkan, Upaya pertama nantinya, akan bekerja sama dengan Dinsos Provinsi Sumatera Selatan dan pihak Universitas atau Akademisi untuk menentukan Karakteristik masyarakat yang menjadi sasaran Program KAT Kemensos RI. Setelah itu, melaksanakan Proses Pemeberdayaan Masyarakat secara maksimal, seperti Penyediaan Pemukiman dan Kebutuhan Hidup lainya yang telah disiapkan oleh pihak Kemsos RI dalam Program KAT tersebut.

“Rencananya tanggal 14 April 2018, kita akan mengadakan Pendataan terhadap Masyarakat  Suku Terpencil. Diawali dari Talang Sibetung dan selanjutnya di Wilayah Semangus, kami berharap mereka nantinya, Masyarakat Terpencil , Suku Pedalaman yang ada di Kabupaten PALI, bisa menikmati bantuan dari Pemerintah”, harapnya. (sbr)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here