Kemegahan Masjid Agung Jawa Tengah

0
37

Semarang, SMInews.com Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) dengan arsitektur perpaduan Jawa dan arab, selain berfungsi sebagai tempat beribadah umat Islam. Masjid ini juga berfungsi sebagai pusat pendidikan, pusat syiar Islam, dan wisata religi untuk para pelancong yang ingin mengagumi kemegahan arsitektur masjid.

Kemegahan Masjid yang terletak di Jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, menjadikannya sebagai simbol wisata religi bagi masyarakat Semarang dan Jawa Tengah.

Masjid yang dibangun diatas lahan 10 ha ini mulai dibangun sejak tahun 2001 dan selesai secara keseluruhan pada tahun 2006. Masjid Agung diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 November 2006.

Al-Quran raksasa Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah Pada bagian serambi depan masjid, terdapat enam payung hidrolik raksasa yang dapat membuka dan menutup secara otomatis. Ini merupakan adaptasi arsitektur bangunan Masjid Nabawi yang terdapat di Kota Madinah.

Selain itu, Masjid ini memiliki sebuah Al-Quran raksasa karya tangan H. Hayatuddin, yang merupakan penulis kaligrafi dari Universitas Sains dan Ilmu Al-Quran dari Wonosobo, Jawa Tengah. Masjid ini pun memiliki beduk raksasa yang merupakan persembahan dari para santri pesantren Al Falah Banyumas, Jawa Tengah.

Bedug Ijo Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah juga dilengkapi beberapa fasilitas, seperti perpustakaan, auditorium, penginapan, ruang akad nikah, serta museum perkembangan Islam, dan kafe di bagian Menara Asmaul Husna.

Salah seorang pelajar dari SMK Ma’arif  Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Ibnu Faqih yang mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah mengaku senang karena bisa sholat di Masjid yang megah dan luas, seperti di Mekah.

Pewarta : Untung T

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here