Kelurahan Pudakpayung Masuk 6 Besar Dalam Pelaksana Terbaik BBGRM Tingkat Kota Semarang

0
52
Tim BBGRM Kelurahan Pudakpayung, Banyumanik , Kota Semarang. Foto : M. Taufik

Semarang,SMI.- Kelurahan Pudakpayung, Kec. Banyumanik  Kota Semarang, maju ke tingkat Kota Semarang Dalam Lomba Pelaksana Terbaik Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM)  Tahun 2019. Lomba Pelaksana terbaik Bulan Bahakti Gotong Royong Masyarakat Kota Semarang diikuti 177 Kelurahan, Kelurahan Pudakpayung masuk dalam 6 besar kelurahan Pelaksana Terbaik BBGRM mendapat peringkat ke-4 dan mewakili kecamatan Banyumanik maju ke tingkat Kota Semarang. Apabila nantinya dalam penilaian oleh Tim Penilai yang berjumlah 12 orang terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan mendapatkan juara, maka akan mewakili ke tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Penilaian Pelaksana Terbaik Bulan Bhakti Goto Royong Masyarakat (BBGRM) di gelar di Balai Kelurahan Pudakpayung, Kec. Banyumanik jalan Perintis Kemerdekaan No 301, Pudakpayung, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Selasa ( 10/12/2019 ).

Adapun yang di nilai dalam lomba Pelaksana Terbaik BBGRM meliputi : Bidang Ekonomi, bidang Sosial, agama dan Budaya, Bidang Lingkungan dan Bidang Kemasyarakatan.

Camat Banyumanik, Maryono, SH dalam sambutannya menuturkan bahwa Kelurahan Pudakpayung yang berada di wilayah Banyumanik adalah salah satu keluruhan yang lolos dan masuk dalam 6 kelurahan yang ikut lomba BBGRM ada 177 kelurahan se Kota Semarang.

Tim Penilai pada Pelaksana Terbaik BBGRM Kel. Pudapayung Semarang. Foto: M. Taufik

Menurutnya, Kelurahan Pudakpayung masuk dalam 6 besar menuduki peringkat ke-4 “Semoga nantinya dapat peringkat. Saya berharap apa yang nantinya dinilai oleh Tim Penilai yang terdiri dari 12 anggota sesuai harapan yang ada. Kami sekedar mengupayakan bagaimana membudayakan masyarakat, semoga kelurahan Pudakpayung bisa mewakili ke tingkat Provinsi bahkan ke tingkagt nasional,” ucapnya.

Menurut Maryono Tim Penilai agar cukup objektif dalam penilaian nantinya, dia berharap yang baik dinilai baik, yang kurang cukup catatan saja.

Sementara itu, Lurah Pudakpayung, Ganefo Sodri Anwar,SH mengatakan “Kami selalu mensupport kepada Tim BBGRM Pudakpayung yang semakin kompak, demi pelaksanaan tugas mempersiapkan BBGRM serta lembaga lain yang selalu mendukung kegiatan kelurahan Pudakpayung ini. Ada 4 bidang dalam pelaksanaan lomba Bulan Bhakti Gotong Royong ini yang akan diniai diantaranya, bidang ekonomi, bidang sosial,agama budaya, bidang kemasyarakatan dan bidang lingkungan.

Pada Kesempatan yang sama, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Kelurahan Pudakayung, Sunarto,S.Pd. M.Pd memaparkan 4 bidang yang akan dinilai oleh Tim Penilai Terbaik BBGRM Kota Semarang. di bidang ekonomi untuk penguatan koperasi salah satunya Koperasi Satya Karya Mandiri yang berada di RW 14, memfasilitasi UMKM, pengurusan izin usaha, menyertakan UMKM dalam event basar, memfasilitasi pengajuan modal usaha, menmbah keterampilan pada pelaku usaha serta mendukung gerakan koperasi dan mikro.

Dibidang Kemasyarakatan, pemantauan kegiatan siskamling, pemetaan wilayah rawan kejahatan, pemasangan CCTV sejumlah 145 RT sudah terpasang semua, ada 116 pos keamanan, menyertakan poskamling di berbagai event lomba, memotivasi masyarakat untuk membangun dan memelihara pos keamanan secara swadaya.

“Linmas memiliki 66 personel semuanya gratis , penangan permasalahan secara musyawarah dan mufakat, mengadakan penyuluhan hukum melalui program PKK, mengadakan penyuluhan tentang KDRT,” ucapnya

Sunarto menambahkan, untuk bidang Soial, Budaya dan Agama diantaranya pemeriksaan kesehatan gratis, penyuluhan keshatan ibu dan anak, bahaya narkoba, HIV dan AIDS, mengadakan lomba makan sehat, pembangunan sarana olah raga secara swadaya di masing masing RW, tradisi seni pentas wayang, tradisi sadranan, pentas kuda lumping, lomba seni budaya tingkat Pudakpayung, untuk sarana ibadah di pudakpayung terdapat 28 masjid, 11 mushola, 8 gereja dan 1 Vihara, kelompok pengajian Al Masithoh.

Untuk Bidang Lingkungan terdapat bank sampah yang bernama Payung Lestari, rencana pembangunan PDAM dengan memanfaatkan aliran sungai, kerja bakti dengan TNI, pemberantasan sarang nyamuk serta menjaga kesehatan lingkungan.

Pewarta :  M. Taufik

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here