Kelurahan Kebonagung Magetan Laksanakan Kirab Budaya Tradisi Tektur

0
101

Magetan, SMInews.com Tradisi tektur Yang sering kali di laksanakan oleh Pemerintah Kelurahan Kebonagung Kabupaten Magetan setiap satu tahun sekali  di bulan Muharram atau biasa di sebut Bulan Suro. Tradisi tektur ini merupakan tradisi leluhur, yaitu penyerahan pusaka yang dinamai tombak agung kyai Sundul oleh Sesepuh Kelurahan atau Kepala Kelurahan yang lama ke Pejabat Kepala Kelurahan yang baru.

Tradisi ini dikemas dengan sesederhana mungkin, mengingat kondisi yang saat ini masih dalam pandemi Covid-19, dan tidak menutup kemungkinan warga dan masyarakat yang ikut serta mendukung tradisi leluhur nenek moyang nya tetap menjalankan dan menerapkan protokol kesehatan.

Saat dimintai keterangan, Kepala Kelurahan Kebonagung Indra Ariesta Ardy S.STP,ME pada Kamis (17/09/2020) menjelaskan, bahwa kirab budaya tradisi tektur kali ini juga merupakan rangkaian kegiatan Bersih Desa, yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali di bulan suro.

“Kegiatan seperti ini juga merupakan rangkaian kegiatan bersih desa, sebelumnya kita juga sudah melakukan berbagai kegiatan seperti gotong royong dengan bersih-bersih lingkungan, Ziarah Makam di Eyang Sundul, kemudian dilanjutkan dengan kirab budaya tektur ini. Dan kegiatan seperti ini memang sering di laksanakan setiap satu tahun sekali di bulan suro” pungkasnya.

“Pusaka ini merupakan lambang sebuah kekuatan, dan kita tidak bisa melupakan adat istiadat. Maka inti dari tradisi ini adalah menguri-nguri kebudayaan, khususnya  di Kelurahan Kebonagung, harapan kami jangan sampai kita melupakan sejarah, sebab merupakan bagian dari perjalanan kita membangun sebuah peradaban” tambahnya.

Kegiatan ini juga berlanjut hingga malam dengan ditutupnya acara bersih desa dengan kegiatan tasyakuran dan doa bersama, yang tidak lain Pemerintah Kelurahan serta warga masyarakat khususnya Kelurahan Kebonagung Magetan mengharapkan keberkahan, keselamatan, kesehatan serta di jauhkan dari mara bahaya.

Pewarta : Gun

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here