Kegiatan Keagamaan dan Wisata Warnai PHBN Desa Ciwidey

0
14

Soreang, SMI.- Berbagai kegiatan digelar Desa Ciwidey Kec. Ciwidey Kab. Bandung dalam mengisi HUT Ke – 74 Republik Indonesia. Dari mulai kegiatan religi hingga kegiatan wisata dengan melibatkan lebih dari seribu peserta. Kegiatan ini terselenggara dari partisipasi setiap RW termasuk juga dari pengusaha di Desa Ciwidey.

Untuk tahun ini, Kata Kepala desa Ciwidey Anggara Permana Sidiq, tidak ikut dalam karnaval, tapi lebih diarahkan kegiatan yang sifatnya lebih ke religi (Keagamaan) mengingat tahun politik pascapemilu ditambah Pilkades serentak di bulan oktober.

Lomba yang ditampilkan diantaranya lomba Adzan, lomba baca Al Qur’an, Puisi Kebangsaan, doa -doa pendek buat anak – anak, lomba kebersihan dan administrasi tingkat RW dari 30 RW. Acara puncak kegiatan PHBN tersebut dengan kegiatan wisata yang melibatkan seribu orang peserta dan bazar kuliner dari produk kreatif 30 RW desa Ciwidey selama 3 hari 3 malam.

“Ada kesenian budaya dari masyarakat 30 RW dan kami juga bekerja sama dengan DKM Mesjid Agung Ciwidey dengan pelepasan pawai obor menyambut tahun baru Islam ( 1 Muharam) dan untuk acara selanjutnya yaitu Tabligh Akbar sebagai penutup acara PHBN desa Ciwidey” Paparnya.

Angga juga mengatakan bahwa dari pihak sponsor ikut mendukung. Walaupun dalam APBD sudah dianggarkan, namun posisi dilapangan anggaran yang dikeluarkan sangat besar. “Sebetulnya anggaran 40 juta, tapi anggarkan 25 juta dulu karena masih ada PHBN atau acara hari besar lain” Jelasnya.

Banyak yang ikut mensponsori kegiatan PHBN di Desa Ciwidey seperti MT, Kampung Gombong, Perumahan Duta Persada Resident serta ada juga dari pengusaha – pengusaha Pertokoan, baik toko HP, toko elektronik dan ada juga bantuan dari Kapolsek Ciwidey berupa 1 unit televisi untuk doorprizze gerak jalan santai .

Sedangkan untuk keamanan sendiri, dibantu dari Muspika termasuk Polsek Ciwidey, Koramil dan ada juga Satpol PP dari Kec. Ciwidey ditambah dengan PMR SMAN 1 Ciwidey dan Al Amanah.

“Dengan kegiatan ini lebih kepada segi Keagamaan seperti kegiatan dari awal, berdasarkan misi visi kami, yaitu menjadikan agama sebagai dasar dan pendidikan sebagai bekal masyarakat yang diimplementasikan dengan pendidikan pembinaan lingkungan dan  administrasi tingkat RW. Budaya sebagai ciri dan jati diri dengan pegelaran seni dan budaya serta untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat untuk meningkatkan Perekonomian, yaitu munculnya potensi – potensi Perekonomian di tingkat RW” pungkasnya.

 

Pewarta : AA/Yat

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here