Kapolsek Kadipaten, Erustiana : Dana Desa Bangkitkan Gotong Royong Masyarakat

0
15

Taksimalaya, SMI.-

Gotong – royong yang merupakan ciri khas bangsa Indonesia, dewasa ini sudah mulai menghilang di kehidupan masyarakat. Kerja bakti atau bakti sosial di masyarakat yang dulunya sangat kental kini kian memudar. Untuk membangkitkan kembali gotong – royong, Pemerintah Desa Buniasih melibatkan masyarakat untuk penerapan Dana Desa.

Dalam pembangunan Jalan Desa dengan lebar 2 meter dan panjang yang menghubungkan perbatasan Tasikmalaya dan Garut, masyarakat bergotong – royong dan saling membantu untuk kemajuan Desa, Selasa (29/1/19).

Kapolsek Kadipaten, Erustiana yang juga ikut bergotong – royong bersama masyarakat mengatakan bahwa rasa gotong-royong masyarakat saat ini sudah sangat berkurang. Namun, dengan adanya program Pemerintah melalui Dana Desa, sudah selayaknya rasa gotong – royong di masyarakat tumbuh dan berkembang lagi.

“Dana Desa adalah alat untuk membangkitkan kembali rasa kebersamaan di masyarakat. Sebab anggaran Dana Desa sudah mencakup segala kebutuhan masayarakat. Baik itu sarana jalan, sarana Kantor Desa, sarana perekonomian dan lain lain. Yang sangat erat kaitannya dengan masyarakat adalah, perealisasian anggaran untuk sarana jalan Desa. Sebab jalan Desa merupakan sarana yang paling dibutuhkan masyarakat secara menyeluruh” katanya.

Menurut Kapolsek Kadipaten Erustiana, langkah Pemerintah Desa Buniasih sangat tepat untuk menerapkan kembali budaya gotong royong kepada masyarakat. Realisasi Dana Desa dengan padat karya warga sekitar dapat menumbuhkan rasa gotong – royong.

“Kami melihat ternyata rasa kegotong-royongan disana masih sangat baik, puluhan warga ikut bekerja membangun jalan baru tersebut. Jadi kami sangat yakin bahwa budaya gotong royong akan bisa bangkit lagi melalui program Dana Desa. Kami salut terhadap masyarakat Kampung Gentong yang rasa kegotong-royongannya masih cukup kental” Ungkapnya.

Lebih lanjut, Erustiana mengatakan bahwa Pemerintahan Desa akan cepat maju dan berkembang, jika seluruh Elemen masyarakat ikut terjun ke lapangan, membantu Pemerintah dalam melaksanakan pembangunan.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Buniasih Engkos mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah membantu Pemerintah melaksanakan program Dana Desa. “Alhamdulillah khususnya warga Kampung Gentong, gotong – royongnya masih tetap berjalan. Sehingga untuk membangun jalan di wilayah tersebut tidak akan sulit sebab warga di sana masih berpegang teguh ke Budaya gotong royong”.

Sebagai penanggung jawab program, Engkos merasa bangga dengan kesigapan warga masyarakat yang terus mendukung pembangunan Desa Buniasih. “Kami bersyukur dorongan dari Muspika sangat baik, dan tidak hanya itu, Kapolsek dan Aparatur lainya termasuk Babinsa ikut terjun ke lapangan. Jadi inilah yang di sebut kebersamaan dalam membangun. Semoga dengan adanya Dana Desa budaya gotong royong di masyarakat tumbuh kembali”. **HS

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here