Kampung Kolor akhirnya Diresmikan Bupati

0
5

Sumedang, SMI.- Setelah ada Kampung Aluminium, Kampung Kaos Kaki, dan Kampung Sepatu sebagai realisasi program One Village One Product, kini hadir Kampung Kolor di Desa Nagrak Kecamatan Buahdua.

Peresmian Kampung Kolor berlangsung Rabu (6/11) oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir yang hadir bersama para Kepala SKPD terkait.

Produk kolor tersebut merupakan hasil kerajinan dari 32 orang ibu-ibu yang sebelumnya mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Sumedang dan kemudian dinaungi oleh Saung Sanggar Konveksi Barokah Jaya (Baja) sebagai cabang usaha Bumdes Desa Nagrak.

Camat Buahdua Tono Suhartono dalam laporannya mengatakan, Buahdua merupakan salah satu kecamatan yang diproyeksikan menjadi kawasan industri bersama Ujungjaya dan Tomo. Salah satunya dengan menghasilkan produk-produk lokal sebagai produk unggulan daerah.

“Kecamatan Buahdua sendiri telah memiliki beberapa produk unggulan yang turut mendukung kepada Visi Sumedang Simpati, salah satunya Kampung Kolor ini. Semuanya bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kecamatan Buahdua,” ujarnya.

Atas nama pemerintah Kabupaten Sumedang Bupati berterima kasih atas segala perhatian dan tenaga pikiran dari warga masyarakat yang telah mendukung berbagai program pembangunan di Kabupaten Sumedang.

“Saya sangat mengapresiasi karena Kecamatan Buahdua merupakab kecamatan pertama yang sudah memiliki produk unggulan di tiap desanya sesuai dengan Visi Sumedang Simpati yaitu kreatif ekonominya melalui one village one product, one village one company,” ungkapnya

Bupati juga berharap produk-produk unggulan di kecamatan Buahdua dapat dipasarkan atau dipromosikan secara online dengan kemasan yang unik dan menarik.

“Diharapkan produk unggulan yang ada di tiap desa di Kecamatan Buahdua dikemas semenarik mungkin hingga mampu menarik para konsumen untuk membelinya. Saya juga mengajak para pelaku usaha untuk dilatih di Kawasan Sains Teknologi Unpad agar produk yang dihasilkan semakin baik, tahan lama dan semakin bertambah lagi kualitasnya” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan pula penyerahan piala Juara Pertama Lomba Cipta Menu olahan makanan dari bahan ikan, pemberian paket Sembako kepada 50 anak yatim dan fakir miskin, penandatanganan prasasti, dan peninjauan stand produk-produk unggulan desa se-Kecamatan Buahdua oleh Bupati.

Sebelum meresmikan Kampung Kolor, Bupati juga berkesempatan meninjau lokasi mata air Cigirang dan pembangunan Masjid Jami Al-Ikhsan Buahdua.

Dalam arahannya, Bupati mengatakan Cigirang berpotensi untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata air semacam pemandian atau waterboom karena debet airnya yang sangat luar biasa.

“Karena debit airnya sangat besar ke depannya saya harapkan wisata Cigirang ini dapat dikembangkan lagi melihat aksesibilitasnya sangat mudah dicapai. Pemerintah Kabupaten Sumedang akan membantu untuk pengembangan wisata ini,” pungkasnya.

Pewarta : Y. Rusmana

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here