Kades Jatihurip Himbau Warganya Untuk Bersama – sama Cegah Penyebaran Corona

0
9

Sumedang, SMInews.com Pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) terus dilakukan pemerintah, salah satu cara yang dilakukan pemerintah adalah dengan mengedukasi dan menghimbau masyarakat agar berpola hidup sehat. Pola hidup sehat ini terus dilakukan, bahkan sampai ke tingkat Pemerintahan Desa.

Untuk mencegah penyebaran virus corona, Pemerintah Desa Jatihurip Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang, menghimbau dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir, selain itu warga juga dihimbau untuk membatasi kegiatan diluar rumah.

“Yang disampaikan kepada masyarakat adalah himbauan terutama untuk mengantisipasi terjadinya virus corona. Kami mengadakan sosialisasi kepda masyarakat terutama untuk melaksanakan kegiatan cuci tangan dengan sabun dan membatasi kegiatan diluar rumah” Ungkap Kepala Desa Jatihurip Deden Wahidin.

Untuk warga yang datang dari luar daerah, Deden Wahidin menghimbau agar warga masyarakat segera melaporkan kepada RT atau RW .

Menurut Deden Wahidin yang juga ketua APDESI Kecamatan Sumedang Utara ini, hal ini dilakukan sesuai anjuran dari pemerintah.

“Untuk lockdown sementara tidak diberlakukan, karena pemerintah pusat pun tidak memberikan regulasi seperti itu. Tapi kami memberitahukan kepada masyarakat untuk mengantisipasi hal tersebut dengan menganjurkan mencuci tangan dengan sabun, melaksanakan kegiatan jangan banyak diluar dan apabila ada warga yang datang dari tempat yang jauh yang teridentifikasi virus corona, segera melaporkan untuk dijadikan Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan dicek oleh petugas dari puskesmas untuk kesehatan warga masyarakat” papar kepala desa.

Pemerintah Desa Jatihurip sudah mengadakan kerjasama, konsolidasi dan konsultasi dengan semua stakeholder untuk mengantisipasi dan menjaga agar virus corona tidak sampai masuk di desa Jatihurip.

Deden juga mengatakan  Semua warga masyarakat punya kepentingan untuk melaksanakan kegiatan ini, karena semuanya tidak akan efektif dan tidak akan ada manfaatnya kalau tidak ada kebersamaan dan sinergitas antara pemerintah desa, dan seluruh  stakeholder serta masyarkat.

“Alhamdulilah di desa kami tidak ada yang terjangkit vitus ini, mudah – mudahan tidak ada yang terkena virus ini. Dengan adanya komunikasi dan koorninasi seluruh stakeholer yang ada  di desa kami antara RT, RW, BPD, LPM, Kader, Babinsa, Kamtibmas, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama seluruh warga masyarakat ikut berpartisipasi supaya virus corona ini tidak mewabah di desa Jatiluhur” Tambahnya.

 

Pewarta : Y Rusmana

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here