Jadi Penyumbang Pengangguran Terbesar, Program Keahlian SMK Perlu Dikaji Ulang

0
5
Foto :dpr.go.id

Jakarta, SMI.- Banyaknya lulusan SMK yang menjadi penggangguran atau tidak bisa mendapatkan pekerjaan, membuat Anggota Komisi X DPR RI Adrianus Asia Sidot mengiginkan adanya pengkajian ulang program keahlian di sejumlah SMK.

Menurut Adrianus Asia Sidot, idealnya lulusna SMK itu siap mengisi dunia kerja, bahkan menciptakan lapangan kerja baru, akan tetapi sangat memprihatinkan ketika para lulusan SMK di Jawa Barat justru jadi penyumbang pengangguran terbesar.

“Saya sedih ternyata lulusan SMK di Jabar penyumbang pengangguran terbesar. Padahal, lulusan SMK diharapkan bisa bekerja secara mandiri,” ucap Adrianus saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat Umum Komisi X DPR RI dengan DPRD Jabar, di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Diakui Adrianus bahwa Persoalan pendidikan memang kompleks dan pelik. untuk SMK memang harus dilihat kembali secara komprehensif, agar lulusannya tidak menjadi beban sosial pemerintah.

“Kedepan ada ancaman disrupsi bagi dunia pendidikan, baik di Indonesia maupun dunia. Ini menambah masalah baru selain masalah-masalah klasik pendidikan seperti guru honorer, rekrutmen guru PNS, infrastruktur sekolah, hingga masalah pengangguran” Tambahnya. (*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here