Isyana Sarasvati Pukau Ribuan Penonton di SMA Negeri 4 Semarang

0
402
Isyana Sararvati (baju putih) bersama Guru SMA Negeri 4 Semarang Foto : M. Taufik

Semarang, SMI.- SMA Negeri 4 Semarang menggelar pentas kreativitas Mahakarya yang dikemas dalam Scooter 2019 dengan tema Spectoverse. Mahakarya merupakan hasil kreativitas siswa – siswi SMA negeri 4 Semarang, yang terdapat dalam kegiatan non akademik pada kegiatan ekstra kurikuler berupa seni musik maupun tari.

Ribuan penonton yang mayoritas para pelajar ini memadati lapangan SMA Negeri 4 Semarang untuk menyaksikan pensi Mahakarya Scooter 2019. Pada Pra opening, pensi diawali dengan penampilan menawan Fransisca D’Rayi Resa Shandria siswa kelas X IPA 1 dengan membawakan salah satu lagu To Love You More. Sabtu ( 5/10/2019 )

Kepala Cabang Dinas Wilayah 1 Prov Jateng, Dra. Hermawati,M.Pd mengatakan bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov Jateng memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah membantu pensi, sekaligus Mahakarya Scooter 2109 Spectoverse dapat terlaksana. Kegiatan ini tidak sekedar sebagai suatu kegiatan hura – hura dan gemerlap semata, namun kegiatan yang positif bagi siswa, selain memberikan sebuah hiburan tetapi juga sebagai wadah untuk menunjukkan bakat serta kreativitas yang tentunya dimiliki oleh peserta didik SMA Negeri 4 Semarang.

Penampilan Ensembel angklung kolaborasi perkusi Mahakarya siswa SMAN 4 Foto : M.Taufik

“Keberhasilan pembelajaran tidak bisa dilihat dari nilai akademik semata, karena potensi yang dimiliki siswa sendiri tak terbatas pada itu saja, tetapi ada faktor lain terkait seni. Untuk itu, pentas seni menjadi wadah yang dipilih oleh siswa untuk mengapresiasikan diri sesuai dengan minat dan bakatnya,” paparnya.

Hermawati menambahkan, siswa yang kurang berprestasi dibidang akademik biasanya mereka memiliki kemampuan menonjol di bidang lainnya. Disamping itu, kegiatan pensi scooter 2019 ini menjadi ajang siswa untuk belajar berinteraksi dengan orang lain, mereka belajar mengelola sebuah acara termasuk belajar menghadapi banyak orang dengan beragam karakter. Hal ini bisa dijadikan bekal ketika siswa terjun ke masyarakat.

Menurutnya, pendidikan tidak hanya untuk mengembangkan olah pikir, tetapi juga olah seni, olah rasa dan olah raga. Kesenian merupakan cara terbaik dalam mentransformasi pendidikan maka akan tercipta pendidikan yang kuat dan akan melahirkan budaya yang maju. Jadi, pendidikan adalah proses pembudayaan. Oleh sebab itu kebudayaan tidak dapat dipisahkan dari pendidikan.

Usai sambutan, dilanjutkan dengan penampilan kolaborasi ensamble tradisional angklung dengan alat perkusi modern dengan membawakan lagu Gambang Semarang sebagai pembuka lagu, dengan dipandu seorang conductor dan dua orang mayorette,

Berikutnya tidak kalah menarik penampilan si Ratoeh Jaroeh (Tari Saman) SMA Negeri 4 yang merupan salah satu ikon ekstra kurikuler yang begitu apik dan kompak saat tampil. Dimana Tari Saman ini sudah go Internasional yang beberapa kali dapat undangan untuk tampil di negeri Gajah Putih Thailand, Ada juga penampilan SMAPA Choirs, drama musical dilanjut dengan bintang tamu grup band Jussy Lussy seta Teddy Aditya yang tampil cukup menawan dan bikin penonton mengelu – elukan grup band anak muda yang membawakan lagu – lagu hits mereka.

Pada puncak acara pensi, sebagai penampilan pamungkas yang ditunggu – tunggu para penonton yang mayoritas para pelajar dengan tampilnya guest star sang ratu pop idola remaja milenial Isyana Sarasvati yang membawakan lagu – lagu hitsnya diantaranya : Kau adalah, a whole new world, hotline bling, cold water, closer (remix) yang bikin penonton heboh,  memberikan applause dengan tepuk tangan yang tak henti – hentinya membuat suasana semakin meriah dan sebagai lagu panungkas andalan album pertamanya Tetap dalam jiwa menjadikan penonton semakin terhanyut dan terpukau mendengarnya, terutama vocal Isyana Sarasvatiyang begitu lembut dan merdu,

 

Pewarta :   M. Taufik

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here