Inovasi Daur Ulang Sampah Menjadi Assesories dan Peralatan Rumah Tangga

0
78

Garut, SMI.-

Sampah yang menjadi masalah di beberapa daerah dan dipandang sebelah mata, menjadi berkah bagi warga Desa Sukamulya Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut. Dengan inovasi dan kreatifitas, sampah produktif disulap menjadi asesories dan peralatan rumah tangga yang menarik dan memiliki nilai ekonomis.

Melalui Bank Sampah sebagai pemberdayaan Bumdes Mitra Sejahtera Desa Sukamulya, Sri Astri bersama warga menyulap sampah yang tadinya tidak berharga menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis. Berbagai kerajinan dilahirkan dari tangan – tangan kreatif Sri Astuti bersama warga Desa Sukamulya, dari mulai assesories, Tas, Dompet, hiasan, sampai dengan peralatan rumah tangga.

Menurut Sri Astuti, banyak sampah yang bisa dijadikan bahan pembuatan kerajinan, seperti

Plastik bungkus kopi, Gelas bekas air mineral, botol plastik, sedotan plastik dan barang bekas lainnya.

Kepala desa Sukamulya, Jono mengapresiasi inovasi dan kreatifitas warganya yang mengolah sampah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

“Banyak masyarakat yang menganggap sampah itu tidak berguna, maka presepsi ini yang ingin kita ubah, dengan melahirkan inovasi-inovasi dari sampah, yang bisa dicontoh masyarakat,” kata Jono.

Menurut keterangan Jono,  sampah di Desa Sukamulya tidak langsung dibuang, tetapi di pilah kembali mana sampah yang bisa didaur ulang atau tidak. Untuk memasyarakatkan daur ulang sampah tersebut, pemasaranya akan bekerja sama BUMDES  Mitra Sejahtera. Barang – barang hasil kreatifitas Sri Astri dan warga Desa Sukamulya sudah dipasarkan ke beberapa daerah, bahkan sudah masuk ke Malaysia.

“Insya Allah kita rencanakan kebersamaan warga dukung kretifitas, inovasi hal pemanfaatan sampah. Jadi masyarakat akan lebih sadar dalam hal pemanfaatan sampah ini,” tambah Jono.

Jono berharap dengan adanya inovasi dari sampah ini, maka semakin banyak masyarakat yang sadar untuk mendaur ulang sampah. Sehingga misi pemerintahan Desa Sukamulya, Bebas sampah tahun 2019, juga kesejahteraan warga masyarakat bisa lebih cepat terwujud. **Ayi Ahmad

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here