Hardiknas SMP Negeri 1 Lembang

0
12

KBB, (SMI).-

Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Kartini, Organiasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP Negeri 1 Lembang menggelar lomba menghias nasi tumpeng di Lapangan SMP Negeri 1 Lembang Kabupaten Bandung Barat Rabu (2/5/2018).

Ada yang istimewa dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini, seemuanya diwajibkan memakai pakaian adat daerah untuk melaksanakan upacara mulai dari guru, karyawan dan peserta didik.

Ada berbagai perlombaan yang digelar, diantaranya Lomba Baca Puisi, Menghias Tumpeng, peragaan busana dan Lomba menyanyikan lagu daerah tembang sunda.

Kepala SMP Negeri 1 Lembang H. Ayep Taryana, S.Pd. M.Si mengatakan bahwa tujuan kegiatan tersebut untuk mendukung program kerja OSIS dan program kegiatan sekolah yang tercantum dalam RKAS setiap tahunnya.

“Kegiatan ini merupakan program kerja OSIS dan sekolah. Melalui kegiatan ini kita berharap anak didik mampu mengaktualisasikan diri tidak hanya mampu dibidang akademik semata, namun non akademik. Sehingga menjadi manusia yang bermanfaat bagi bangsa dan negara” Ungkapnya.

Untuk peserta menghias tumpeng masing – masing kelas diharuskan membawa 1 buah nasi tumpeng yang sudah dihias untuk  perwakilan kelas. Dewan juri merupakan guru-guru SMP Negeri 1 Lembang. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari.

Kegiatan memperingati Hari Pendidikan Nasional 2018 ini mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

“Sesuai dengan tema tersebut, marilah kita jadikan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan, dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara. Dengan begitu salah satu dukungan yang perlu kita berikan pada anak-anak Indonesia adalah memastikan bahwa apa yang mereka pelajari saat ini, adalah apa yang memang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan zamannya. Keterampilan utuh yang dibutuhkan oleh anak-anak Indonesia di abad 21 ini mencakup tiga komponen yaitu kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi,”” ucap H. Ayep Taryana S.Pd. M.Si ( DENI . H.M )

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here