H. Cecep Abdul Qoyun Berharap Bumdes Bisa Jadi Mitra BUMN

0
19

Tasikmalaya, SMI.- Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya, ini telah melaksanakan pelatihan pengelolaan Dana Bumdes yang di ikuti seluruh pengurus Bumdes dari enam Desa.

Tenaga ahli Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Tasikmalaya H. Cecep Abdul Qoyun berharap agar Bumdes bisa menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan seberapa besar Bumdes bisa membantu masyarakat.

“Banyak cara untuk mengembangkan perekonomian melalui Bumdes. Manfaatkanlah kesempatan ini bekerjasama dengan kepala Desa sebagai penasehat bumdes” ungkapnya.

Dia juga menjelaskan bahwa Kepala Desa sebagai penasehat harus bisa memberikan saran, dan berperan aktiv untuk menggali potensi bidang ekonomi di wilayahnya masing – masing. Sebagai pimpinan Desa, wajib dan harus mendorong apapun kegiatan yang di lakukan pengurus Bumdes agar perjalan usaha yang  di gagas Bumdes bisa  lebih maju dan berkembang.

“Kami yakin Bumdes akan bisa jadi BUMN asal para pelaku usaha di Bumdes gigih mencari peluang, dimana ada potensi  untuk kepentingan perekonomian harus di gali dan di jalankan yang tentunya pertanggung jawaban yang dapat di  terima masyarakat” Paparnya.

Menurut H. Cecep, maju dan mundurnya  Bumdes ada di pengurus itu sendiri. H. Cecep sangat yakin ke depan Bumdes akan berkembang dan bisa sejalan dengan BUMN “Kalau kita gigih dan berani spekulasi,  banyak sekali potensi bidang ekonomi yang belum terbuka. Maka dengan adanya Bumdes kami berharap bisa jadi penopang kebutuhan masyarakat di Desa. Pengurus Bumdes dan Kepala Desa harus bersinergi untuk kemajuan Badan Usaha Milik Desa ini” ucapnya.

Ketua APDESI Kecamatan kadipaten H. Aha Nugraha menitipkan kepada para pengurus Bumdes agar di realisasikan dengan baik dan sesuai aturan Bumdes yang ada. Bumdes itu milik masyarakat yang harus di jalankan dengan sungguh –  sungguh untuk mencari celah usaha demi kepentingan umum, dan Bumdes bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat dan  bisa jadi income bagi kepentingan Pemerintahan Desa.

“Kami berharap para pengurus bertanggung jawab akan kemajuan Bumdes dengan mencari peluang-peluang yang perlu di gali untuk pertumbuhan ekonomi. Alhamdulillah pada dasarnya Bumdes di wilayah Kadipaten  sudah kami lihat ada perkembangan. Mudah – mudahan ke depan Bumdes bisa berkembang cepat dan para pengurusnya bertanggung jawab dan paham cara mengembangkan perekonomian Masyarakat” Katanya.

H. Aha Nugraha menjelaskan bahwa Kecamatan Kadipaten ini sebagai gerbangnya Kabupaten Tasikmalaya. Oleh sebab itu dia berharap agar Bumdes di Kecamatan Kadipaten berjalan sesuai harapan Masyarakat.

Sementara itu, Pendamping Kecamatan Kadipaten, Dedi mengatakan bahwa Bumdes salah satu sarana untuk mendukung jalanya Perekonomian Desa. “Desa wajib memberikan dukungan seperti apa yang sudah kami sarankan terhadap para pengurus Desa melalui bimbingan pelatihan. Yang tentunya Bumdes harus berpikir cerdas untuk mencari potensi adanya sumber yang di perkirakan bakal mendatangkan hasil untuk perekonomian.

Dedi juga mengatakan bahwa potensi Desa harus digali dan direalisasikan dengan cara – cara yang elegan. “Mudah – mudahan saja Bumdes di Kecamatan bisa berjalan sesuai harapan Pemerintah, demi terkabulnya Masyarakat sejahtra” tutupnya.

Ditempat yang sama, pendamping kecamatan kadipaten Ade mengatakan bahwa Bumdes di Kecamatan Kadipaten sudah berjalan dengan baik. Dengan adanya Bumdes, masyarakat bisa terbantu dan juga bisa membantu Pemerintah dalam hal penyaluran program Pemerintah.

“Bumdes di Kecamatan Kadipaten selalu bergandeng tangan dengan seluruh pihak terkait. Dengan harapan Bumdes lebih maju atas dorongan semua elemen masyarakat. Bumdes ini milik Masyarakat jadi harus kita pelihara bersama demi kemajuan Perekonomian khususnya Kecamatan Kadipaten” Pungkasnya.

Pewarta : HS

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here