H. Aha Kades Pamoyanan : Sarana Jalan Pondasi Perekonomian

0
10

Tasikmalaya, SMI.- Prioritaskan pembangunan ekonomi masyarakat, Kepala Desa Pamoyanan H. Aha terus melakukan perbaikan dan pembangunan sarana dan prasarana jalan.

Menurut H. Aha, perbaikan dan pembangunan ini dilakukan untuk membangkitkan perekonomian warga khususnya para petani. Dengan baiknya sarana dan prasarana jalan ini dapat mempermudah petani untuk mengangkut hasil panen dan dapat memangkas biaya angkut.

“Kami bangun jalan alternatif untuk mengatasi keluhan para petani soal beban ongkos angkut dari lokasi ke rumah. Membengkaknya ongkos angkut, akibat jauhnya lokasi pertanian ke jalan raya. Namun setelah jalan ini kami bangun, minimal mengurangi biaya angkut hasil panen hampir 50  persen” Ungkapnya.

Jalan yang dibangun dengan luas 120 m dan panjang 212 m ini membentang di tengah – tengah area persawahan warga. Pembangunan jalan ini selain menggunakan anggaran dari swadaya masyarakat, juga menggunakan anggaran Dana Desa.

H. Aha juga menjelaskan bahwa sarana jalan adalah alat atau pondasi untuk membangkitkan perekonomian Masyarakat, sebab tanpa adanya sarana jalan yang langsung bersentuhan dengan lokasi pertanian, tidak mungkin akan merubah kondisi keadaan mereka. Karena setiap panen raya, para petani harus siap untuk mengeluarkan anggaran yang cukup besar yaitu biaya angkut hasil panen.

“Kami pikir kalau ingin ada perubahan soal ekonomi terutama para pelaku pertanian, harus di awali dengan sarana jalan untuk meringankan beban biaya dan mempercepat hasil panen. Makanya kami Desa Pamoyanan fokus untuk memperbaiki sekaligus membuka jalan baru sebagai alternatif” Katanya.

Lebih lanjut H. Aha berharap agar pemerintah terus mendukung dan membantu pemerintah Desa Pamoyanan, sebab pihaknya merasa belum  maksimal membantu masyarakat dalam hal sarana jalan. Desa Pamoyanan sangat potensial untuk meningkatkan pendapatan Asli Daerah (PAD), sebab perguliran ekonominya cukup bagus, apalagi di Desa Pamoyanan ada pemandian air panas yang dapat menjadi sumber PAD, akan tetapi tempat wisata tersebut harus di tata dan di renovasi sedemikian rupa. Hal ini tentu harus ada dorongan dari semua pihak, baik Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi dan pusat serta para Anggota Dewan.

“Alhamdulillah pada periode ini ada tiga wakil dari Utara khususnya dari Kecamatan Kadipaten. Mudah- mudahan beliau semua bisa membangun secara maksimal bagi Kecamatan Kadipaten khususnya umumnya Tasikmalaya Utara.  Kita sangat berharap banyak kepada para wakil dari Utara. Kepala Desa tidak akan bisa berbuat banyak tanpa dukungan dari para wakil rakyat yang duduk di kursi Dewan. Jabatan Kepala Desa adalah Amanah yang harus dipertanggungjawabkan dalam pelaksanaanya” Pungkasnya.

Pewarta : HS

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here