Gerakan Tanam Satu Juta Pohon

0
4

Sumedang, SMI.-

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir ingatkan masyarakat Kabupaten Sumedang tentang pentingnya menanam dan memelihara pohon untuk kelestarian alam.

Melalui program Penanaman Sejuta Pohon Untuk Kehidupan, Pemerintah Kabupaten Sumedang targetkan tanam satu juta pohon di beberapa wilayah di Kabupaten Sumedang.

Menurut Bupati Dony, manfaat dari menanam pohon sudah menjadi pengetahuan semua lapisan masyarakat, mereka sadar akan pentingnya pohon dalam kehidupan manusia. Hanya saja masih banyak masyarakat yang belum paham akan pentingnya melestarikan alam.

“Melaui program tanam satu juta pohon ini, saya mengajak masyarakat untuk mengambil sikap terkait pelestarian alam. Sebab dengan menanam satu pohon saja dan menjaganya sampai besar, itu sudah merupakan bentuk kepedulian masyarakat untuk kehidupan dirinya dan anak cucu kita” katanya saat ditemui pada kegiatan Penanaman Satu Juta Pohon di Desa Pajagan Kecamatan Cisitu, Jumat(15/2).

Bupati berharap dengan program menanam satu juta pohon ini, bukan hanya sekedar seremonial saja, tetapi harus ada kesadaran dari semua pihak serta mempunyai keinginan untuk melestarikan hutan yang ada di lingkungannya. Bahkan Ia mengatakan menanam pohon harus jadi satu kebutuhan yang wajib dilakukan oleh masyarakat.

“Jadikan menanam pohon itu sebagai budaya, sehingga bisa menjadi satu kebutuhan masyarakat yang akan memberikan manfaat untuk lingkungan hidup yang lebih baik. Jika menanam satu pohon saja dapat memberikan manfaat yang begitu banyak, maka menanam sejuta pohon berarti manfaat yang tak terhingga”ungkapnya.

Ditambahkan Bupati penanaman pohon juga akan dilakukan di sekitar Darah Aliran Sungai (DAS) yang ada di Kabupaten Sumedang, terutama di wilayah genangan Waduk Jatigede.

“Insya Allah dengan terjaganya pohon  dan lestarinya hutan, maka Sumedang akan terhindar dari segala musibah yang disebabkan oleh alam, seperti banjir, longsor dan bencana alam lainnya”pungkasnya.

Sementara itu Kepla Dinas Lingkungan Hidup H. Amim mengatakan gerakan tanam satu juta pohon tersebut mendapatkan suport dari Pemprov Jawa Barat sebanyak 500 ribu bibit pohon, Pemerintah Pusat 200 ribu bibit pohon dan Perhutani 335 ribu bibit pohon.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini. Semoga kedepan penanaman pohon ini dapat menjadikan kultur dan budaya masyarakat karna kita tahu manfaat dari pohon yang sangat luar biasa”ucapnya.

Pada kesempatan tersebut hadir perwakilan dari Kementrian Lingkungan Hidup RI, perwakilan Pemprov Jawa Barat, unsur Forkopimda, para Kepala SKPD dan Camat, serta tamu undangan lainnya. **Y Rusmana

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here