Gelar Sarasehan Budaya Dolan Maton, Bupati Magetan Ajak Cintai Budaya dan Bahasa Jawa

0
27

Magetan, SMI.-

Bupati Magetan menggelar sarasehan Budaya Dolan Maton dengan pementasan drama berbahasa Jawa yang diperankan oleh guru dan siswa sekolah. Pagelaran tersebut merupakan cara Bupati Suprawoto untuk mengajak  generasi muda mencintai budaya dan bahasa Jawa. Melalui pementasan tersebut, Bupati Magetan Suprawoto mengajak generasi muda di Kabupaten Magetan untuk tetap menjaga khasanah sastra Jawa melalui kegiatan pentas drama berbahasa Jawa.

“Magetan itu gudangnya guru bahasa Jawa. Okeh guru boso jowo, Engko yo ono kearifan lokal kanggo murid paud karo teka nganggo boso jowo (Iya guru bahasa jawa, Seperti kearifan lokal untuk murid PAUD dengan memakai bahasa jawa)” ujarnya Jumat (07/12/2018).

Bupati Suprawoto juga mengajak siswa di Kabupaten Magetan untuk aktif menulis dangan menggunakan Bahasa Jawa.  Dengan menulis menggunakan Bahasa Jawa maka khasanah Bahasa Jawa akan terus terjaga. Suprawoto yang  telah menghasilkan beberapa buku berbahasa Jawa. Dia mengaku jika saat ini juga masih aktif menulis di rubrik majalah berbahasa jawa.

Masio sampun dadi Bupati Kulo tasih nulis wonten PS, rubrikipun kembang setaman (Walaupun sudah jadi bupati saya masih menulis di PS, di rubric kembang setaman)” imbuhnya.

Selain mementaskan drama dalam Bahasa Jawa, penggiat literasil dalam Bahasa Jawa yang tergabung dalam sanggar sastra triwida juga turut hadir. Ketua Sannggar Sastra Triwida Karto Sodron Budiman mengajak siswa yang hadir untuk lebih aktif menulis. Menurutnya menulis saat ini lebih mudah dengan kemajuan tekhnologi. Menurutnya Bupati telah memulai dengan sebagai penulis dan membuka sarasehan budaya jawa,  saatnya menumbuhkan keinginan generasi muda untuk menulis.

Nulis ora kudu karo mesin tik, karo HP yo iso, luwih gampang. Ben iso nulis kudu seneng moco (Menulis tidak harus dengan mesin tik, Pake HP juga bisa, lebih gampang. Bisar bisa nulis harus seneng membaca) “ucapnya. **Ton/Goes

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here