Gebyar Bakti Sosial UPK Cisayong

0
49

TASIKMALAYA, (SMI).-

Unit Pelayanan Kegiatan (UPK) Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat mengadakan Gebyar Bakti Sosial di halaman Desa Cisayong, Selasa (13/2/18).

Bakti Sosial dihadiri Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya H. Asop Sopiudin S.Ag. dari Fraksi PPP, H. Ami Fahmi,S.T. dari Fraksi PKB dan H. Cecep Ruchimat dari Fraksi Gerindra, Muspika, Kasie PMD Kecamatan Cisayong, Kepala Desa, BKAD, Kordes, dan tamu undangan.

Ketika di Konfirmasi, Kepala Unit Pelaksana Kegiatan (DAPM)  Cisayong Asep Saripudin, A.Md Mengatakan bahwa kegiatan bakti sosial ini merupakan acara tahunan sebagai bentuk penyaluran Surplus 2017 dari  13 Desa, kepada 325 orang pemanfaat/penerima atau 25 orang/ Desa berupa sembako dan uang tunai,

“Dengan total anggaran 45 juta, Kegiatan gebyar seperti ini baru pertama kali dilaksanakan. Biasanya hanya diwakili kepala Desa, tapi kali ini ingin terlihat berbeda dari tahun – tahun sebelumnya sekaligus hiburan” ungkap Asep.

Lanjut Asep, Surplus tahun 2017 sebanyak 300 juta mengalami penurunan dari tahun 2016, karena ada kemacetan pengembalian dari simpan pinjam perempuan (SPP), sebesar 800 juta rupiah,  dari jumlah kelompok dua ratus atau 20 kelompok/ desa. Ditahun 2017 juga ada penurunan jumlah kelompok, tapi jumlah pengembalian meningkat 0,05% dari aset 3,5 miliar dan jumlah kumulatif pengembalian dari 2009 s/d 2017  sekitar 97,5 %.

Sedangkan di tahun 2018 kami ingin meningkatkan kinerja dengan konsep merubah pola rekruitmen anggota SPP, dengan ketentuan tidak sembarangan merekrut. Tidak boleh dobel pinjaman seperti ke koperasi lain. Sementara total pinjaman tahun ini sebesar 3,2 miliar dan peminjam diberi maksimal 5 juta seratus ribu rupiah, ada kenaikan  sekitar lima ratus ribu dari tahun 2017.

“Kami ucapkan terimakasih kepada anggota dewan yang telah hadir memberikan dukungan, dan spirit kepada kami. Sebagai penyelenggara merupakan penghormatan bagi kami dan kepada penerima bantuan bisa bermanfaat. Juga kedepan semakin meningkat pendapatan tiap bulannya, sehingga bisa lebih banyak lagi membantu yang membutuhkan” pungkas Asep.   (Anton)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here