Alat Pertanian Purbakala Berusia 3000 Tahun Kembali Diketemukan di Banjarejo

0
8

Grobongan, SMInews.com Desa Banjarejo kabupaten Grobogan memang terus disorot berkat berbagai penemuan benda purbakala. Sehingga oleh Kepala Desa setempat, Ahmad Taufiq, desa ini dinamakan desa wisata. Sebagai ajang edukasi bagi generasi penerus, dan sebagai sumber penelitian ilmiah.

Baru-baru ini, Banjarejo kembali mengguncang khalayak. Sebuah benda peninggalan masa lalu kembali diketemukan. Penemuan kali ini berupa benda kecil terbuat dari batu.

Benda berupa batu  dengan bentuk persegi panjang dengan panjang 6cm dan lebar 2,5 cm ini diperkirakan usianya sudah 3000 tahun .

Ketebalan benda ini tidak sama. Bagian bawah ketebalannya sekitar satu sentimeter. Sedangkan bagian atas lebih tipis dengan ketebalan sekitar 0,5 sentimeter.

“Sekilas bentuknya mirip mata kapak. Tetapi ukurannya kecil,” kata Kepala Desa Banjarejo saat dihubungi lewat telpon seluler.

Dijelaskan,  oleh Ahmad Taufiq bahwa benda ini ditemukan Minggu (11/10/2020) kemarin di ladang milik warga Dusun Peting, Desa Banjarejo.

Penemunya adalah perangkat Desa Banjarejo Budi Setyo Utomo yang selama ini memang sudah seringkali menemukan fosil purbakala.

“Benda ini ditemukan pada kedalaman sekitar satu meter. Selama ini, di Dusun Peting sudah beberapa kali ditemukan fosil hewan purba,” ujarnya.

Taufik menjelaskan, foto benda temuan terbaru itu kemudian ia kirimkan ke beberapa pihak yang berkompeten di bidangnya.

Berdasarkan dari foto tersebut, benda temuan itu diprediksi merupakan peralatan batu milik manusia purba jenis Homo Sapiens.

Diperkirakan peralatan dari batu ini biasanya digunakan sebagai alat dalam bidang pertanian.

“Terus terang, saya juga sempat kaget saat mendapat penjelasan ini. Ternyata benda kecil ini merupakan alat pertanian. Untuk lebih jelasnya, benda ini akan saya kirimkan ke instansi terkait biar diteliti secara langsung,” pungkasnya.

Pewarta : SS Munawir

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here