Forkopimda Kabupaten Garut Tinjau Lokasi Bencana Puting Beliung

0
17

Garut, SMI.- Wakil Bupati Garut Dr. Helmi Budiman didampingi Dandim 0611 Garut dan Kapolres Garut, meninjau langsung wilayah yang terkena dampak Angin Puting Beliung di Desa Kertajaya, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Jumat (17/01).

Angin puting beliung yang terjadi pada Jumat (16/01) sore, sekitar pukul 15.30 WIB. Tersebut 30 rumah porak – poranda dengan rincian rusak berat 3 unit Rumah dan rusak sedang 27 unit Rumah.

Kedatangan Wakil Bupati bersama Kapolres Garut AKBP Dede Yudy Ferdiansah SIK.MIK, Dandim 0611 Garut Letkol Inf Erwin Agung TWA ST MTr (HAN), Kasdim 0611 Garut Mayor Hamzah Budi Susanto S Sos, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Dinas Sosial, Forkopim Kecamatan Cibatu, dan Kepala Desa Kertajaya Cecep langsung menuju lokasi bencana.

Di lokasi  bencana,  rombongan Forkopimda Kabupaten Garut yang dipimpin Wakil Bupati berdialog langsung dengan para korban yang rumahnya terkena dampak angin puting beliung. Helmi menyampaikan bahwa Pemkab Garut bersama TNI-Polri menyampaikan Ikut Bela Sungkawa dan tidak tinggal diam dengan musibah yang terjadi.

Mengenai bantuan, sampai saat ini masih dilakukan pendataan dan assessment kerusakan dari dampak bencana, oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut bersama pihak-pihak terkait.
Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman, secara simbolis menyerahkan bantuan kepada warga Desa Kertajaya yang atapnya rumahnya disapu angin puting beliung.

“Saya meminta, agar BPBD dan Dinas Sosial bisa mengintervensi bantuan material pasca bencana untuk korban. Selain aparat, disini kami melihat masyarakat juga bahu – membahu saling membantu melakukan evakuasi bekas terjangan angin puting beliung. Untuk bantuan, nanti kita akan lakukan sesuai prosedur dan warga yang rumahnya tidak layak, akan mejadi prioritas. Semua harus tetap waspada terhadap kejadian serupa di wilayah lainnya,” imbuh Wakil Bupati didampingi Kapolres Garut dan Dandim 0611 Garut.
Disampaikan Helmi Budiman, bahwa pihaknya akan segera menyalurkan berbagai bantuan yang dibutuhkan, selanjutnya bantuan material untuk mempercepat pembangunan rumah-rumah yang rusak. Dirinya berharap tidak ada lagi angin kencang yang terjadi di wilayah Cibatu atau wilayah lainnya di Kabupaten Garut.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Kertajaya, Cecep Kurniansyah mengatakan bahwa dalam kejadian musibah angin puting beliung tidak terdapat korban jiwa, hanya ada satu orang warga bernama Windi Lestari (13), yang mengalami luka ringan hingga patah tulang dan sudah ditangani oleh PKM Puskesmas Cibatu dan dirujuk ke RSUD Dr.Slamet Garut.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, hanya warga ada yang mengalami kerugian material. yang sukur Alhamdulillah dari Pihak Forkopimda respek Bencana yang telah meninjau dari dampak bencana alam angin puting beliung, hanya  satu orang warga masyarakat yang mengalami patah tulang dan itu sudah ditangani oleh PKM (Puskesmas Cibatu) dan dirujuk ke RSUD dr Slamet, bantuan pun sudah diberikan kepada korban terdampak, tandasnya Cecep Kurniansyah.

Pewarta : Ayi Ahmad

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here