FGD DAK Fisik Dana Desa dan Inovasi Badega Triwulan II KPPN Sumedang

0
9

Sumedang, SMI.- Focus Group Discussion (FGD) DAK Fisik dan Dana Desa dan Inovasi Badega APBN triwulan II Tahun 2019 Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sumedang digelar di lantai 2 gedung KPPN Sumedang, Kamis (27/6/19).

Kegiatan FGD ini dilaksanakan untuk membahas tentang penyaluran DAK Fisik Dana Desa yang laksanakan di triwulan II tahun 2019, dan sekaligus juga sebagai implementasi inovasi KPPN Sumedang Badega untuk mengawal APBN untuk menyamakan satu persepsi.

“Bagaimana kita bersama – sama bisa mengawal APBN yang ada diwilayah Kabupaten Sumedang ini dengan sebaik – bainya. Hingga semua bisa dilaksanakan secara sukses, baik dalam pelaksanaan kegiatanya maupun didalam pelaksanaan pertanggungjawabanya” Ungkap Kepala KPPN Sumedang Lili Khamiliyah, S.E.,M.Si.

Sebagai instansi vertikal dibawah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan, KPPN Sumedang bersama pemerintah daerah ingin membangun sebuah sinergi yang berkualitas dan bisa memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat Sumedang.

“Kita memiliki Visi menjadi pengelola perbendaharaan Negara di daerah yang professional, modern, transparan dan akuntabel. Tentunya juga itu harus benar – benar bisa di implementasikan didalam misi utama kami. Misi utama kami adalah bagaimana kita bisa menjamin pencairan dana APBN itu secara tepat sasaran, tepat waktu dan tepat jumlah” Paparnya.

Dalam pelaksanaanya, KPPN Sumedang juga banyak mendapatkan penugasan dari Kanwil dan kantor pusat untuk melaksankaan Monev terkait dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR), Usaha Mikro, Kecil, Menengah UMKM termasuk juga Pembiayan Ultra Mikro (UMi)

“Jadi mudah – mudahan semua masyarakat di Kabupaten Sumedang bisa secara mandiri, termasuk juga dengan adanya dana desa yang digulirkan sejak tahun 2015. Itu adalah sebagai upaya pemerintah pusat untuk bagaimana desa itu agar bisa lebih mandiri, dimana dana desa itu adalah untuk pembangunan dan pemberdayaan” Jelasnya.

Terkait penyaluran Dana Desa, Lili Khamiliyah, S.E.,M.Si menjelaskan bahwa sejak tahun 2017 untuk penyaluran Dana Desa dilakukan KPPN Setempat.

Lili Khamiliyah, S.E.,M.Si juga mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Sumedang, Kejaksaan Negeri Sumedang yang sudah bekerja sama dengan KPPN Sumedang untuk bersama sama dengan pemerintah daerah bagaimana membangun sebuah sinergi untuk bisa memberikan kesuksesan kesejahteran bagi masyarakat di Kabupaten Sumedang.

“Mudah – mudahan komitmen ini bisa kita jalankan dengan sebaik – baiknya, juga mudah – mudahan pertemuan ini memberikan manfaat bagi kita semuanya” harapnya.

Acara Forum Group Discussion ini juga dihadiri Kasat Reskrim Polres Sumedang AKP Dede Iskandar, S.H., Kasi Intel Kejari Hendra A, unsur BPKAD Sumedang, DPMD Sumedang, Inspektorat Sumedang, Camat dan perwakilan Kepala Desa yang ada di Kab. Sumedang serta para satker.

Pewarta : Y. Rusmana

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here