Festival Budaya Batukarut Tampilkan Seni Budaya Tradisional dan Produk Inovatif

0
11

Soreang SMI,- Berbagai kesenian khas seperti pencak silat, Kuda Renggong, Singa Depok mewarnai Batukarut Hut RI Festival di Desa Batukarut Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung. Dalam Festival yang digelar dari tangal 21 Sampai 23 Agustus ini juga menampilkan GOONG RENTENG EMBAH BANDONG, kesenian khas Desa Batukarut yang bersifat sakral dan tidak sembarangan ditampilkan kepada masyarakat umum.

Dalam festival tersebut juga, dipamerkan sejumlah produk inovatif Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) setempat mulai dari kuliner hingga kerajinan tangan.

Menurut Camat Arjasari, Djoko Mardianto S.Sos., M.Si festival ini digelar untuk untuk mengenalkan bahwa Desa Batukarut sangat berpotensi, baik dari seni budaya tradisional maupun bidang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Meskipun baru pertama kali di gelar, festival batukarut mendapat dukungan dan sambutan dari masyarkat. Jadi festival ini bukannya untuk hura-hura, akan tetapi memperlihatkan pada masyarakat luas diluar  Desa Batukarut  bahwa Desa Batukarut memiliki potensi seni budaya tradisional dan UMKM.

“Mudah-mudahan kedepannya bisa menjadi momen dan festival yang bertaraf lebih tinggi, apalagi nantinya ketingkat kabupaten atau tingkat Jawa Barat atau event festival tingkat nasional dan sekaligus festival batukarut dapat memotivasi pada Desa-Desa yang lainnya yang ada di Kecamatan Arjasari” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Batukarut, Dedi Supardi merasa bangga dengan adanya festival ini, karena ini baru baru pertama kali dilaksanakan dan mendapatkan sambutan meriah dari masyarakat. “Kami berharap event ini tidak hanya dapat diketahui masyarakat se-Kecamatan Arjasari, akan tetapi ke manca negara” Ungkapnya .

Adapun tujuan digelarnya festival ini untuk memberikan motivasi kepada masyarakat Desa Batukarut agar lebih terus memelihara seni budaya tradisi.

 

Pewarta : Agus Rahmat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here