Domas Kecamatan Sukahening Gelar Ujian Kenaikan Tingkat Sabuk

0
60

TASIKMALAYA, (SMI).-
Perguruan Silat Domas se-Kecamatam Sukahening menggelar acara Ujian Kenaikan Tingkat Sabuk di Vila Sakaboga Abah Iwa Desa Sukasetia, Kecamatan Cisayong, Jumat (29/12). Acara dihadiri Drs. H. Yusup Effendi SH. MA dari Kementrian lingkungan hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Drs. Diana Hidayat dari UPTD Kec. Sukahening, Gunawan kepala desa Sukasetia, tokoh masyarakat, sesepuh padepokan dan tamu undangan.

Acara diawali dengan upacara adat, tamu kehormatan disambut dengan ditandu diatas Singa depok menuju Podium. Padepokan Domas berkembang dan memiliki perwakilan di setiap daerah yang tersebar hampir di seluruh penjuru Indonesia, bahkan mancanegara.
Untuk kenaikan tingkat sabuk, ada beberapa tahapan yang harus dilalui, dan ujian salah satu cara untuk meningkatkan mental seorang atlit yang handal karena sudah teruji ungkap Dede Kustawa

Ketua panitia dan sebagai wakil ketua Domas Cabang Kab. Tasikmalaya, Dede dalam sambutanya mengucapkan terimakasih atas kehadiran dari Kementrian LH RI dan UPTD Pendidikan yang mewakili bupati dan keluarga Iwa yang telah meberikan izin tempat.
Dede menjelaskan tujuan dilaksanakan acara kenaikan tingkatan sabuk padepokan Domas khusus yang ada diwilayah Kec. Sukahening ini untuk mengevaluasi sejauh mana pendidikan atau ilmu-ilmu beladiri yang telah didalami oleh murid padepokan, membentuk kader pencak silat untuk mengembangkan pencak silat khususnya di padepokan masing – masing dan menjaring kader untuk mengikuti pasang giri dan Pekan Olahraga Daerah (PORDA) tahun 2018 serta bisa meningkatkan prestasi.

Sebayak 22 peserta dari beberapa padepokan mendapatkan kenaikan tingkatan sabuk, ke sabuk merah (Pendekar Muda) dan akan masuk kedalam barisan pemimpin di padepokannya masing – masing.

Kegiatan kenaikan tingkatan sabuk yang rencananya dilaksanakan selama tiga hari dua malam, namun sehubungan ada acara Muscab Domas, sehingga dipersingkat menjadi dua hari satu malam.

“Semoga kader-kader yang telah naik tingkatan sabuknya bisa mengembangkan ilmu-ilmu bela diri pancak silat yang telah digelutinya dipadepokan minimal dipadepokan masing-masing” tandas Dede.

Dalam sambutannya, Drs. Diana dari UPTD Pendidikan Kecamatan Sukahening, mengaku sudah tiga kali mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh padepokan Domas diantaranya pemilihan ketua Domas Cabang Kab. Tasikmalaya yang dilaksakan diManonjaya. Latihan beladiri di Padepokan Domas ini, dibekali bukan hanya untuk kekuatan fisik saja namun juga jiwa yang sehat.

“Selamat kepada murid-murid padepokan yang telah mendapatkan kenaikan tingkatan dan semoga apa yang di pelajarinya tentang ilmu bela diri pencak silat bisa dimanfaatkan juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari” paparnya.

Diana Berharap dengan hadirnya dari Kementrian lingkungan hidup bisa melihat alam yang begitu indah yang perlu ditata dan dikembangkan.

Diawali dengan membaca bismillahirrohmanirrohim Pelaksanaan kegiatan kenaikan tingkatan sabuk dibuka dengan pemukulan gong oleh Drs. H. Yusup Effendi dari Kementrian lingkungan hidup dan Kehutan Republik Indonesia. (Anton)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here