Disparbud Magetan Gelar Karawitan Dalam Rangka Pengembangan Seni Budaya Daerah

0
118


Magetan, SMInews.com Pemkab (Pemerintah Kabupaten) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan menggelar Karawitan dalam rangka Pengembangan Seni Budaya Daerah yang berlangsung di Gedung Tripandita Kabupaten Magetan, Rabu malam (11/11/2020).

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Magetan terbukti untuk menunjukkan komitmenya dalam hal melestarikan kesenian rakyat daerah, yang sekaligus menjadi salah satu agenda dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan di tahun 2020 ini.

Seni karawitan ini merupakan salah satu budaya lokal yang kini mulai tersisih dan ditinggalkan oleh sebagian penggemarnya. Hal ini menjadi keprihatian dari semua pihak termasuk dari Disparbud sendiri. Dengan melihat fenomena seperti ini, Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Magetan dengan getolnya berupaya melestarikan kesenian daerah dan mempersembahkan kepada para penggemar serta masyarakat umum,walaupun caranya hanya sekedar dengan visual.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan dalam hal ini juga menggandeng dari salah satu Paguyuban Karawitan yaitu Kawuri Laras serta Sanggar Seni Tradisional Sentaka Nada dari wilayah Kelurahan Parang, Kecamatan Parang Kabupaten Magetan yang di Pimpinan oleh Bapak Hardjito /Ibu Endang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan Joko Trihono menyampaikan bahwa digelarnya pagelaran virtual karawitan tersebut dalam rangka pengembangan seni budaya daerah yang merupakan agenda dari Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Magetan di tahun 2020.

“Di gelarnya pagelaran virtual karawitan ini dalam rangka pengembangan seni budaya daerah yang merupakan agenda dari Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Magetan di tahun 2020. Pagelaran Karawitan ini kami gelar dengan cara virtual yang di karenakan masih dalam suasana pandemi covid-19″ ungkapnya.

“Disini para penggemar dan masyarakat bisa menikmati hiburan yang sudah kami suguhkan cukup dari rumah saja,bisa melalui siaran langsung di Chanel Youtube kami yaitu Disparbud Magetan” tambahnya.

“Kami dari pihak pemerintah berharap,dengan adanya pagelaran seperti ini bisa membantu menumbuhkan ekonominya baik dari paguyuban seni sendiri dan yang lainya,yang mana sudah membantu kami di sini,karena selama masa pandemi covid-19 yang hingga saat ini para pekerja seni sangat kesulitan untuk memberikan nafkah kepada keluarganya ” tutup Joko.

Pewarta : Gun

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here