Disparbud Magetan Gelar Gladhen Alit Jemparingan Sebagai Ajang Silaturahmi Serta Mengasah Kemampuan

0
111

Magetan,SMInews.com Gladhen Alit Jemparingan diselenggarakan oleh Pemkab Magetan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan, di Lapangan Kelurahan Bulukerto, Magetan guna mengasah kemampuan serta menjalin silaturahmi antar pemanah yang ada di wilayah Kabupaten Magetan, Minggu (08/11/2020).

Kegiatan Gladhen Alit Jemparingan kali ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan, dan di ikuti oleh Ketua Jemparingan Ki Mageti, serta sedikitnya 50 peserta pemanah yang ada di Kabupaten Magetan, dan juga Perwakilan Bandul Nusantara.

Olahraga ini memiliki keunikan tersendiri dimana para pesertanya diwajibkan untuk menggunakan pakaian tradisional khas Jawa, dan harus memanah sambil duduk bersila. Setiap pemanah dibekali dengan 4 anak panah untuk satu kali tembakan, atau disebut juga sebagai 1 Rambahan, dan setiap peserta harus melakukan 80 kali tembakan atau sebanyak 20 rambahan.

Dalam hal ini Kepala Disparbud Magetan Joko Trihono mengatakan bahwa kegiatan Jemparingan ini di laksanakan satu tahun sekali, untuk tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,yang di karenakan masih dalam suasana pandemi Covid-19.

“Memang kegiatan seperti ini kami selenggarakan setiap satu tahun sekali. Sebenernya ini kegiatan Gladhen Ageng Jemparingan, karena masih dalam suasana Pandemi Covid-19 ini, kami hanya bisa menyelenggarakan dengan Gladhen Alit Jemparingan, yang pesertanya kita batasi yaitu hanya untuk para pemanah yang ada di wilayah Magetan saja. Dan Tujuan dari terlaksananya jemparingan ini adalah untuk melestarikan salah satu olahraga tradisional Indonesia khususnya Jawa, yang mana untuk mewadahi para atlet yang memang mempunyai talenta khusus di bidang ini”jelasnya.

“Olahraga jemparingan ini semakin lama semakin berkembang peminatnya, dan kita memang berkomitmen untuk tetap menyelenggarakannya di Kabupaten Magetan. Setiap peserta selain mendapatkan poin juga akan diberikan bingkisan dari panitia”tambahnya.

Sementara itu, Saifudin Ketua Jemparingan Ki Mageti memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kegiatan yang telah di selenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan.

“Saya mewakili temen-temen semua di sini sangat mengapresiasi serta kami ucapkan banyak terima kasih atas kegiatan yang sudah di laksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan.Yang mana telah memberikan kami ruang untuk mengasah kemampuan kami,semoga silaturahmi ini tetap selalu berlanjut” ungkapnya.

Pewarta : Gun

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here