Disdukcapil Sumedang, Pelayanan Cepat dan Ramah ala Perbankan

0
11

Sumedang, SMI.-

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sumedang Jawa Barat, terus melakukan pembenahan dan penataan internal, untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat. Salah satunya dengan penataan tempat pelayanan agar lebih optimal dan nyaman.

“Dalam penataan pelayanan, kita mengubah posisi meja atau kursi agar warga jangan sampai berdesakan. Kami memikirkan supaya pelayanan bisa lebih efisien dan masyarakat lebih tertib dan nyaman. Mudah – mudahan dengan suasana baru ini, pelayanan kepada masyarakat bisa lebih lancar, keluhan – keluhan masyarakat atas layanan adminduk berupa pembuatan KK, KTP atau akte atau akte kematian juga bisa ditangani dengan baik”ungkap Kasubag umum Kepegawaian Nurcholis S.Hut., M.Si.

Penataan di Disdukcapil ini juga merupakan rangkaian dari penerapan ISO 9001 tahun 2015 yang sudah dimiliki Disdukcapil Kabupaten Sumedang.

“Kami harus melaksanakan ISO tersebut sebagai standar pelayanan yang harus kami lakukan, sebagaimana disarankan perintahkan pemerintah pusat  dimana disdukcapil harus memiliki standar ISO” Papar Nurcholis S.Hut., M.Si.

Perubahan yang paling menonjol adalah dengan adanya petugas front office untuk melayani masyararakat. Petugas front office ini berperan untuk menerima berkas permohonan adminduk sebelum diperiksa lebih lanjut oleh petugas verifikator berkas.

“Petugas front office itu ada 4 orang, dan petugas front office ini juga merupakan salah satu standar ISO yang harus disediakan” paparnya

Nurcholis S.Hut., M.Si. berharap pelayanan Disdukcapil kedepan seperti hal nya pelayanan di Perbankan.

Dengan adanya Front liner ini, menurut Nurcholis S.Hut., M.Si. bisa menghilangkan kesan seolah pelayanan di Disdukcapil kurang ramah dan tidak menyenangkan. “Mudah – mudahan dengan adanya petugas front office ini stigma seperti itu bisa terkurangi bahkan tidak ada”. ** Y Rusmana.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here