Disdukcapil Magetan Bakar Lebih Dari 80.000 KTP Elektronik

0
13

Magetan, SMI.-

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Magetan Jawa Timur  membakar ribuan  KTP-el, Selasa (18/12) sore. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Magetan Hermawan mengatakan bahwa pemusnahan lebih dari 80.000 KTP-el dengan cara dibakar dilakukan untuk menghindari  penyalahgunaan KTP-el tersebut.

“Dimusnahkan khawatirnya nanti disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Seharusnya dimusnahkan Jumat kemarin, tapi karena banyaknya lebih dari 80.000 dan harus dihitung, maka baru kemarin sore bisa dilaksanakan pemusnahan,” ujarnya Rabu (19/12/2018).

Sebanyak 84.804 keping KTP-el yang dimusnahkan menurut Hermawan  merupakan KTP-el yang rusak dan sudah ditarik ke Disdukcapil Magetan. KTP-el warga yang sudah meninggal, KTP-el warga yang pindah datang dan KTP-el yang ganti elemen. KTP-el rusak sebanyak itu dikumpulkan oleh Disdukcapil sejak tahun 2012, dan baru ada instruksi pemusnahan pada tahun 2018.

“Itu dikumpulkan sejak tahun 2012, dan kita jaga karena belum ada instruksi, sebagian digunting karena instruksinya begitu,  tapi instruksi terakhir dibakar ya kami  bakar, ” imbuhnya.

Dari catatan Disdukcapil Magetan, tercatat sebanyak 5.000 warga Magetan belum melakukan perekaman KTP-el. Ribuan warga yang belum melakukan perekaman dikarenakan meninggal, namun belum dilaporkan atau saat ini bekerja di luar negeri dan sebagaian acuh tak acuh.

“Sebagian warga karena ndableg (Bandel).  Tapi sampai sekarang belum perekaman,” pungkasnya. **Goes/ Ton

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here