Disdukcapil Kab. Bandung Musnahkan Ribuan Keping KTP Elektronik

0
48

Soreang, SMI.-

Sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan dan kewaspadaan dalam sistem administrasi kependudukan, serta untuk menghindari penyalahgunaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung memusnahkan 29.389 keping KTP-el rusak  atau invalid di depan kantor Disdukcapil Kabupaten Bandung, Senin (17/12).

Kepala Disdukcapil Kab. Bandung Drs. H. Salimin, M.Si mengatakan bahwa, pemusnahan KTP-el berdasarkan Surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No.470.13/11176/SJ Tentang Penatausahaan KTP-el Rusak Atau Invalid.

“Untuk penertiban sesuai arahan menteri dalam negeri, yang masa berlakunya habis, rusak atau invalid supaya tidak bisa disalahgunakan, dan menyikapi tudingan-tudingan  yang lagi gencar di media saat ini.” Katanya.

Lebih lanjut, Salimin mengatakan bahwa Surat Edaran tersebut disampaikan kepada Bupati/ Wali Kota agar menugaskan Kadisdukcapil Kabupaten/Kota untuk melakukan pencataan dan pemusnahkan KTP-el yang rusak atau invalid.

Salimin menegaskan apabila terdapat KTP-el rusak atau invalid segera dilakukan pemusnahan dengan cara dibakar, Serta membuat berita acara pemusnahan tersebut dan melakukan langkah-langkah pengamanan gudang penyimpanan, agar terhindar dari pencurian dan penyahagunaan dokumen Negara.

“Allhamdulilah dengan dihilangkanya KTP-el rusak atau invalid ini, jadi saya terhindar dari tudingan-tudingan, dan semoga tidak ada kecurigaan lagi.” Pungkasnya. Aa/Yayat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here