Dinkes Magetan Lakukan Sosialisasi Gerakan Serentak Di 235 Desa/Kelurahan Tentang Isolasi Mandiri

0
143

Magetan, SMInews.com Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, menggelar kegiatan sosialisasi dan pembekalan program Gerakan serentak Sosialisasi Tentang Isolasi Mandiri Sesuai Dengan Protokol Kesehatan”, Rabu (11/11/2020).

Sosialisasi tentang isolasi mandiri yang sesuai dengan protokol kesehatan ini serentak dilaksanakan di 235 Desa/Kelurahan seluruh Kabupaten Magetan, guna pencegahan penyebaran Covid-19 di masyarakat di tingkat keluarga.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan Hari Widodo melalui Kasi Promosi kesehatan dan Pemperdayaan Masayarakat Promkes, Totok Aprijanto mengatakan, bahwa hari ini pihaknya melakukan gerakan serentak di 235 desa/kelurahan se Kabupaten Magetan untuk melaksanakan sosialisasi tentang isolasi mandiri yang sesuai dengan protokol kesehatan.

“Hari ini kita melakukan gerakan serentak di 235 desa/kelurahan se Kabupaten Magetan untuk melaksanakan sosialisasi tentang isolasi mandiri yang sesuai dengan protokol kesehatan. Guna pencegahan penyebaran virus corona (covid19) di masyarakat. Mengingat penularan lokal terutama dalam anggota keluarga semakin meluas, yang sehingga masyarakat perlu paham siapa saja yang harus melakukan isolasi mandiri dan bagaimana cara / penerapan isolasi mandiri yg benar di rumah,yang sehingga dapat menekan penularan dari Covid-19” Jelasnya.

Ketika ditanya tentang siapa saja yang harus menjalani Isolasi Mandiri, Dalam hal ini Totok menyampaikan beberapa uraian yaitu “Mereka yang sudah melakukan Pemeriksaan swab dan di temukan adanya virus covid-19 di tubuhnya (pasien yang terkonfirmasi),Terus mereka yang pernah melakukan rapid test dan hasilnya reaktif yang sehingga kemungkinan besar hasilnya menderita covid-19, Mereka yang kontak erat dengan pasien dan menunggu hasil pemeriksaan swab,terus mereka yang merasa ada keluhan atau gejala yang menyerupai gejala penyakit covid-19,serta mereka yang datang dari daerah yang terpapar covid-19 dalam 14 hari terakhir” Tambahnya.

“Selain itu kami juga tidak lupa menyampaikan kepada masyarakat tentang 3S, yaitu Selalu pakai masker, Selalu jaga jarak, serta Selalu cuci tangan pakai sabun. Dengan adanya sosialisasi tentang  isolasi mandiri seperti ini, masyarakat bisa lebih paham arti dari isolasi, dan kami berharap Masyarakat tidak perlu mengucilkan, menstigma, apalagi mengusir orang-orang yang melakukan isolasi mandiri” Tutupnya.

Pewarta : Gun

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here