Dinas PUPR Magetan Berikan Kompensasi Hak Atas Tanah Kepada Masyarakat Desa Pendem

0
21

Magetan, SMInews.com Adanya pembangunan Embung yang berlokasi di Desa Pendem, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan kebijakan serta memberikan kompensasi ganti rugi hak atas tanah atau tukar guling yang dimiliki Warga dari Desa setempat.

Hal tersebut di agendakan dalam kegitan Pelepasan hak atas tanah notaris dan pembukaan rekening dengan disaksikan dari pihak Dinas PUPR Magetan, Kepala Desa beserta Perangkat, Forkopimca, Babinkamtibmas serta Babinsa di Balai pertemuan Kantor Desas setempat, Kamis (28/05/2020)

Yuli Karyawan Iswahyudi, Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Magetan menjelaskan bahwa kali ini menindaklanjuti adanya tukar guling tanah kas desa, atas kehendak dan perintah Bupati Magetan, yang  sudah di tunggu oleh Masyarakat Desa Pendem.

“Kita menindaklanjuti perintah dari Bapak Bupati Magetan untuk melakukan proses tukar guling tanah kas desa yang saat ini di jadikan Embung, dalam proses ini memang agak panjang yang mana harus melakukan prosedur – prosedur juga” jelasnya.

“Jumlah nilai yang harus dibayarkan ke masyarakat senilai 4,6 M, dengan luas tanah kurang lebih 3,3 hektar, kita bayarkan sebagai ganti rugi atas hak tanah mereka kepada 9 masyarakat, akan tetapi dalam proses yang dulu atas nama saudara Pamuji sekarang di gantikan oleh Sri Wahyuni, karena yang bersangkutan sudah meninggal dunia dan ini juga ada surat kuasanya dari pihak desa.” imbuhnya.

Di lain sisi, Kusnanto, Kades Pendem berangapan bahwa dengan adanya kompensasi ini warganya bisa merasakan hasilnya, yang mana bisa mengangkatkan perekonomian bagi warga sekitaran embung. Dia juga menambahkan dengan adanya pembangunan Embung tersebut kedepannya juga akan di jadikan Desa wisata.

“Alhamdulillah, dengan adanya embung ini mudah – mudahan bisa mendongkrak ekonomi masyarakat di sekitaran embung. Selain itu, kita juga berharap kedepannya dengan adanya embung ini, Desa Pendem sendiri akan mengembangkan nya menjadi desa wisata.” Tuturnya.

Adanya gebrakan pembangunan embung tersebut semua pihak dan elemen masyarakat mempunyai harapan besar dari Pemerintah Desa, yaitu dengan adanya embung ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai sarana tampungan. Melainkan juga untuk memunculkan daerah-daerah resapan di sekitarnya untuk proses irigasi para petani.

Pewarta : Gun

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here