Diduga Serobot Tanah Warga, LBH Solidaritas Mangkunegaran Somasi PT. SFI Pati

0
5

Pati, SMInews.com Ahli waris Kamari Priyadi Pemilik tanah, luas sekitar 16.120 M2 yang terletak di Desa Mangunrejo, Kecamatan Margorejo Pati yang saat ini di Bangun oleh PT. Sejin Fashion Indonesia (SFI) yang berlokasi di jalan Pati Kudus KM 7  Sebelah Kantor Imigrasi Pati, memberi kuasa ke Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Solidaritas Mangkunegaran untuk mengembalikan hak dan kepemilikan atas tanah warisan tersebut, Kamis (9/7/2020).

Ketua LBH Solidaritas Mangkunegaran Dr.H.Endar Susilo,SH.MH, didampingi Timnya, Advokat Dewang Purnama, S.H.,M.H. dan Irhandi Ariyono, S.H.,M.H. menyampaikan “Tanah klien kami sampai dengan saat ini belum pernah dijual kepada siapapun oleh klien kami, Kalau PT. SFI sekarang ini menguasai dan membangunnya untuk perusahaan texstil atas dasar apa? Kami mengirim somasi untuk masih memungkinkan adanya penyelesaian, sebelum kami melakukan langkah hukum perdata maupun pidana.

“Kami juga telah mengirim surat ke Gubernur, Kapolda,  Bupati Pati, Kapolres Pati dan instansi lainnya, agar  pemerintah tahu dan bisa membantu jeritan rakyat kecil” tambah Endar.

Sementara Dewang Tim LBH Solidaritas Mangkunegaran mengatakan kalau tidak ada penyelesaian terkait ini, maka timnya akan melakukan gugatan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) pasal 1365 KUHPerdata, ke Pengadilan Negeri (PN) Pati serta memohon kepada pengadilan sebelum adanya putusan terkait gugatan ini, untuk menghentikan sementara proyek pembangunan PT. SIF yang saat ini sedang berjalan.

Sementara itu, Ketua BPD Desa Wangunrejo Firman mengungkapkan “Saya tahu bahwa sebagian besar tanah yang dibangun oleh PT. SFI adalah milik Almarhum Kamari yang masih mempunyai ahli waris yang masih hidup,” jelasnya

Surat somasi dititipkan dan diterima oleh Satuan Keamanan (Satpam) Perusahaan tersebut bernama Sudarminto karena Direksi PT. Sejin tidak berada ditempat.

Pewarta :  M. Taufik

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here