Diduga Lakukan Pungli, Masyarakat Demo Minta Transparansi Anggaran

0
16

Brebes, SMI.- Ratusan masyarakat yang tergabung dalam Forum Peduli Masyarakat Bulusari melakukan aksi unjuk rasa di depan balai Desa Bulusari Kec. Bulakamba Kab. Brebes, Rabu (10/7/19). Aksi ini dipicu atas kekecewaan masyarakat atas kinerja pemerintahan desa.

Masyarakat mendatangi Balai Desa Bulusari sambil meneriakkan “Berantas korupsi dari balai Desa Bulusari” dan membawa spanduk bertuliskan harapan dan tuntutan mereka.

Dalam aksi tersebut, mereka menuntut adanya transparansi penggunaan Dana Desa, transparansi bantuan keuangan, pembangunan yang tidak sesuai dengan perencanaan, dan jangan perkaya diri dari sertipikat tanah gratis program daerah (Proda).

Andi Maulana, Ketua koordinator aksi tersebut mengatakan bahwa bobroknya pemerintahan Desa Bulusari tidak bisa ditolerir lagi, sehingga mereka harus mengadakan audensi.

Menurut keterangan bebreapa warga Desa Bulusari, terkait dengan pembuatan sertipikat tanah gratis program daerah (Proda) ternyata benar bahwa biaya yang harus  dibayar pemohon bervariasi mulai dari lima ratus ribu sampai dua juta rupiah.

Sekretaris Desa Bulusari, Agus ketika ditemui dibalai desa mengatakan bahwa awalnya memang bervariasi, namun melalui perangkat desa yang terlibat kepanitiaan Proda sudah mengembalikan sebagian dari dana masyarakat tersebut.

Menurut pengakuan masyarakat pemohon sertipikat, panitia hanya mengembalikan Lima ratus ribu/ bidang, bagi mereka yang sebelumnya dipungut lebih dari satu juta rupiah, artinya sisa uang dipanitia Proda Desa Bulusari masih bervariasi mulai dari Lima Ratus Ribu sampai satu juta lima ratus ribu. Masyarakat tidak berani melakukan protes karena mereka takut.

Ketua Forum Peduli Desa Bulusari berharap kepada penegak hukum jangan tutup mata tutup telinga, dan menunggu kapan proses hukum akan dilakukan kepada oknum aparat pemerintahan Desa Bulusari, mulai dari Kepala Desa sampai ke BPD serta perangkat desanya.

Aksi yang dilakukan forum masyarakat Desa Bulusari ini mendapat tanggapan dari salah satu pengurus LSM Laskar Merah Putih Charles “Mungkin masyarakat sudah mulai tidak sabar, melihat kinerja perangkat Desa Bulusari, sehingga melalui Forum peduli Desa Bulusari mereka menyampaikan aspirasinya”.

Pengakuan dari pendamping Dana Desa Kec. Bulakamba Iin sangat mengejutkan, hingga Juli 2019 Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Dana Desa 2018 Bulusari belum juga masuk ke Kecamatan.

Camat Bulakamba Sugeng Basuki, S.H., M.Si juga membenarkan keterangan dari pendamping Desa tersebut, bahwa LPJ DD dari Desa Bulusari belum mereka terima sampai tgl 11 juli 2019.

 

Pewarta : Naga

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here