Desa Cibatu Wakili Lomba Desa Tingkat Kabupaten 2019

0
17

Garut, SMI.-

Pemkab Garut melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Tim dari Kabupaten Garut  melakukan Evaluasi Perkembangan Desa di Desa Cibatu Kecamatan Cibatu. Kemajuan pesat yang ditunjukkan Desa Cibatu, membuat desa yang dipimpin Dadang Sulaeman (orie) mendapat kesempatan untuk mewakili Kecamatan Cibatu dalam lomba evaluasi pengembangan desa tingkat Kabupaten Garut tahun 2019.

Evaluasi ini digelar di 42 Kecamatan, bergiliran dalam tahap penilaian dan terdiri tujuh indikator yakni  PKK, Pendidikan, kemasyarakatan, pemerintahan, kewilayahan, Ekonomi dan Kesehatan, dimana ditiap kecamatan hanya ditunjuk satu desa untuk mewakilinya.

Dadang Orie menyampaikan, pihaknya ditunjuk mewakili kecamatan Cibatu dalam lomba desa tahun 2019. Namun untuk maju ke tingkat provinsi, pihaknya harus bersaing dengan 41 desa/kecamatan lainnya.

“Kalau Kecamatan Cibatu diwakili Desa Cibatu untuk lomba desa tingkat kabupaten. Kalau nanti menang bisa maju ke tingkat provinsi” Kata Kepala Desa Cibatu, Dadang Sulaeman, kamis (28/3/2019).

Tim dari Kabupaten dan Dinas PMD Garut yang diketuai Dedi, S.H., M.P., Kepala Bidang Pemberdayaan,Usaha  dan Ekonomi  Masyarakat (PUEM) PKK tim penilai dari kabupaten Palupi, pendidikan Kuswara, Kemasyarakatan Wulan dan Jamal, Pemerintahan Ganjar, kewilayahan Jajang, Ekonomi Bubun, Kesehatan Yandi, dijadikan tim DPMD kabupaten Garut, kamis (28/3) yang juga dihadiri Forkopim Cibatu.

Ditempat yang sama, Dedi. SH, M.P, menjelaskan tujuan kegiatan tersebut sebenarnya untuk mengevaluasi perkembangan desa selama tahun 2019, terkait penggunaan anggaran dari pemerintah, baik Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), APBD ataupun BKK serta bantuan lain dari pemerintah.

Kepala Desa Cibatu menambahkan, pemaparan menerima bantuan tersebut, semuanya sudah direalisasikan, “Ada perkembangan apa saja, ada potensi apa dan sebagainya. Alhamdulillah Cibatu tidak ada masalah” jelasnya.

Camat Cibatu Drs. Sardiman Tanjung mengapresiasi kemajuan yang ditunjukkan desa Cibatu di berbagai bidang di bawah kepemimpinan Dadang sulaeman. “Kami berharap mudah-mudahan keberhasilan ini memotivasi desa lain untuk lebih maju dan berlomba-lomba membangun desanya sebaik-baiknya” pungkasnya. **Ayi Ahmad

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here