Camat Sukahening Apresiasi Pembangunan Desa Banyurasa

0
103

TASIKMALAYA, (SMI).-

Musrenbang Desa Banyurasa Kecamatan Sukahening Kabupaten Tasikmalaya yang dilaksanakan di Aula Desa Banyurasa, jum’at (2/2/2018). Musrenbang dihadiri seluruh elemen terkait pemerintahan Desa, Camat Sukahening, Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, BPD, LPM, MUI, Kawil, RT, RW, Tokoh Masyarakat dan Ibu – ibu PKK.

Camat Sukahening Kusnanto S.Sos. merasa bangga dan mengapresiasi  peningkatan pembangunan yang telah dilakukan Desa Banyurasa. Salah satunya dengan pembangunan Kantor Desa yang megah. Ini menunjukan percepatan pembangunan yang berimbas pada Kualitas pekerja dalam melayani masyarakat.

Menurut Camat, pembangunan bukan hanya fisik, tapi harus dibangun juga mental sumber daya manusianya yang kuat. Karena ini sangat penting sehingga dapat dirasakan manfaatnya jika SDM berkualitas.

“Kami sarankan untuk peningkatan pemberdayaan ini, dimasukan kedalam anggaran Desa di RKPDes atau APBDes untuk kegiatan Diklat, Pelatihan – Pelatihan, Pembinaan atau kursus keterampilan yang bersifat non fisik”ungkap Kusnanto

Masih menurut Kusnanto,  Sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2016–2021, merupakan penjabaran dari Visi dan Misi dan Program Kepala Daerah terpilih, yang penyusunannya berpedoman kepada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), dan memperhatikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

RPJPD tahun 2016-2021 merupakan tahap ke-3 yang diprioritaskan pada pencapaian daya saing kompetitif perekonomian berlandaskan keunggulan sumber daya alam dan sumber daya manusia berkualitas, yang ditandai dengan peningkatan Indeks Pembangunan manusia (IPM), meningkatnya laju pertumbuhan ekonomi, menurunnya proposi penduduk miskin terhadap jumlah penduduk dan terkendalinya laju Pertumbuhan Penduduk.

Serta Visi Pemerintahan Daerah Kabupaten Tasikmalaya  tahun 2016–2021 adalah:
“Kabupaten Tasikmalaya Yang Religius/Islami, Dinamis, Dan Berdaya Saing Di Bidang Agribisnis Berbasis Perdesaan”

Kusnato berharap peningkatan pembangunan Fisik Desa Banyurasa menjadi motivasi bagi Desa lain untuk lebih meningkat lagi. (Anton)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here