Camat Cibatu dan Warga Desa Keresek Gotong Royong Bersihkan Sampah di Jalan Pasar Tradisional

0
28

Garut, SMInews.com Warga Desa Keresek Kecamatan Cibatu bekerjasama dengan Pemerintahan Kecamatan Cibatu dan Limbangan membersihkan sampah di bahu jalan menuju pasar tradisional Cibatu Kabupaten Garut, Minggu (1/3/2020).

Sampah yang menggunung dan bau yang menyengat di sepanjang jalan pasar tradisional ini diakibatkan dari kurangnya kesadaran masyarakat.

Tumpukan sampah juga terlihat dijalan Pahlawan Kampung Pasir Goong Desa Padasuka Kecamatan Cibatu,  tampak tumpukan sampah semakin menggunung dibahu jalan Raya Cibatu – Bandrek. Belum lagi, tumpukan sampah yang bau menyengat melintas jalan dari akibat tumpukan sampah yang terkena air hujan.

Camat Cibatu Drs. Sardiman Tanjung merespon cepat serta bekerjasama dengan kecamatan Limbangan yang memiliki kendaraan Truk distribusi sampah untuk  dibuang ke TPA Garut. Warga masyarakat kampung Asem wetan dan kampung Cipicung dibantu Satpol PP Kecamatan Cibatu, terjun langsung membersihkan sampah dijalan menuju pasar tradisional cibatu.

“Kebiasaan  melintas menuju jalan pasar tradisional Cibatu kami tidak menemukan sampah. Akan tetapi dalam sepekan ini, segala macam sampah dibuang-buang ke jalan sampai menutupi” ujar sekdes Desa Keresek Rully, kepada Suara Metro indonesia minggu (1/3/2020)

Sementara itu, Sekdes Keresek menghimbau agar masyarakat setempat tidak membuang sampah dipinggir jalan raya pasar cibatu, dan bisa bekerja sama untuk pengawasan lingkungan seperti biasa merapikan tumpukan sampah di zona buang TPA.

Kang Ade Suryana, warga Desa Keresek mengayangkan atas kurangnya kesadaran masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Hal ini bisa berakibat terganggu keamanan berkendaraan serta kesehatan warga masyarakat setempat.

“Mohon agar Membuang sampah di tempat nya. sehingga warga setempat tidak dibebani untuk membersihkan buang sampah” pintanya

Petugas kecamatan beserta perangkat Desa Keresek dan warga sekitar jalan bergotong-royong, membersihkan Bau sampah yang berceceran. Penataan sampah dilakukan dengan sistem pengelolaan seperti TPST/Bak sampah, agar tidak terdampak pencemaran lingkungan di sekitarnya.

Pewarta : Ayi Ahmad

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here